Today

Operasi Ketupat 2020, Titik Keramaian di Cianjur Disekat Jelang Berbuka

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Operasi Ketupat 2020 mulai berlangsung. Satlantas Polres Cianjur, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur menggelar operasi hari pertama di wilayah Kecamatan Cianjur, Senin (17/04/2020). Jalan Mangunsarkoro, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur pun disekat jelang buka puasa.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama, mengatakan operasi ini dilakukan dalam upaya memutus rantai Covid-19. Ia menilai saat ini masyarakat masih kurang sadar.

“Jadi masyarakat masih kurang kesadaran sebagaimana imbauan pemerintah yang sudah jelas,” tuturnya kepada Cianjur Today.

Ia pun menyebut, Operasi Ketupat 2020 akan menindak tegas melarang masyarakat keluar rumah, kecuali memang benar-benar penting. Ia pun melakukan penyekatan di titik keramaian.

“Kita berupaya melakukan penyekatan ini hari pertama dilaksanakan menjelangan magrib, guna mengurangi kepadatan agar tidak ada keramaian,” katanya.

Ricky mengungkapkan, operasi ini digelar selama 37 hari serentak di seluruh Indonesia. Ia mengimbau masyarakat jangan mudik, tetap jaga jarak, dan pakai masker.

“Hari ini Jalan Mangunsarkoro. Untuk hari selanjutnya kita cari titik keramaian di waktu jelang buka puasa,” ungkap dia.

Ia berharap pandemi Covid-19 ini tidak berkepanjangan sehingga situasi kembali normal. Kabupaten Cianjur pun diharapkan pulih dari zona kuning.

“Harapannya semoga wabah ini selesai tidak berkepanjangan, sehingga situasi normal. Cianjur situasi masih kuning dan mudah-mudahan pulih, ini butuh kerja sama dengan berbagai pihak.” tukasnya.

Jalan Ditutup

Sebelumnya, Jalan Mangunsarkoro, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur ditutup jelang berbuka puasa, Senin (28/04/2020). Penutupan jalan ini dilakukan untuk mencegah keramaian atau kerumunan yang dikhawatirkan dapat menyebarkan virus corona atau Covid-19.

Satlantas Polres Cianjur berjaga di perempatan jalan KH Hasyim Ashari, Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Suroso, dan Jalan Mangunsarkoro.

Bagi pengendara yang melintas dari Jalan KH Hasyim Ashari, tidak bisa berbelok ke Jalan Mangunsarkoro dan harus menggunakan Jalan Suroso.

Sama halnya dengan pengendara yang melalui Jal Hos Cokroaminoto hanya bisa melintas ke jalan KH Hasyim Ashari dan Jalan Suroso.

Sementara bagi yang melintas dari jalan Suroso hanya mampu menggunakan jalan KH Hasyim Ashari.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button