Today

Operasi Lilin, Petugas Gabungan Periksa Kendaraan di Bangbayang

CIANJURTODAY.COM, Gekbrong – Sat Lantas Polres Cianjur menggelar Ramp Check atau pemeriksaan kendaraan angkutan di Jalan Nasional, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Jumat (20/12/2019). Kegiatan tersebut digelar bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cianjur.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama, mengatakan, kegiatan Ramp Check digelar dalam rangka menjelang Operasi Lilin Lodaya 2019 di Kabupaten Cianjur. Sasaranya, lanjut Ricky, adalah pengemudi dan barang yang diangkut.

“Kegiatan dilakukan ini dalam rangka menjelang Operasi Lilin Lodaya 2019 yang akan digelar di Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini sasarannya adalah ke pengemudi maupun barang yang diangkut oleh kendaraanya. Gunanya untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas” katanya kepada wartawan, Jumat (20/12/2019).

Ricky menyebut, para pengemudi mendapatkan tes urin dan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, kondisi kendaraan pun diperiksa, seperti rem dan ban. Bahkan, Ricky pun memeriksa jika ada kendaraan muatan yang melebihi kapasitas atau overload.

“Untuk pengemudi juga di tes urin, lalu diperiksa kesehatannya. Untuk kendaraannya juga dicek seperti kondisi rem, ban, dan kondisi secara umum lainnya. Juga kami periksa jika ada muatan lebih atau overload,” ungkap dia.

Sejauh ini, lanjut Ricky, belum ditemukan pengemudi yang positif narkoba. Selain itu, Ricky menyebut untuk kendaraan, ditindak langsung oleh Dishub Kabupaten Cianjur, sementara dari kepolisian melakukan penilangan.

“Sejauh ini pengendara tidak ada yang positif narkoba, kendaraan juga jenis bannya dan lainnya dilakukan penindakan dari Dishub. Kalau dari pihak kepolisian dilakukan penilangan,” tutur dia.

Ganti Ban

Ricky menuturkan, beberapa kendaraan ada yang memiliki rem yang kurang baik. Selain itu, beberapa kendaraan ada juga yang menggunakan ban yang sudah tidak layak pakai.

“Beberapa ada yang remnya kurang baik tapi ada juga yang baik. Ban juga ada yang sudah tidak layak, sudah gundul dan tipis. Para pengendara pun sudah diimbau untuk segera mengganti ban,” jelas dia.

Ia mengatakan, kondisi kendaraan yang tidak baik dapat memicu kecelakaan lalu lintas. Namun, Ricky menyebut, rata-rata kendaraan yang diperiksa dinilai layak jalan.

“Hal itu bisa menyebabkan kecelakaan maka dari itu kita lakukan ramp check. Tapi, rata-rata kondisi kendaraan layak jalan, namun ada juga yang bannya harus diganti dan sudah tidak layak.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks