Today

Pascakebakaran Pasar Ciranjang, 400 Kios Disiapkan untuk Pedagang

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Para pedagang di Pasar Ciranjang korban kebakaran, Senin (10/08/2020), akan dipindahkan ke kios yang telah dibangun. Sebanyak 400 kios itu telah berdiri di sebelah barat lokasi kebakaran pasar Ciranjang.

Rencananya, hari ini, Rabu (12/08/2020) akan dibuatkan benteng untuk batas kios. Pemerintah pun akan melakukan pembangunan secepatnya agar roda perekonomian di Pasar Ciranjang kembali hidup.

Menurut, Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman, ada sekitar 800 kios yang terbakar. Selain itu, berdasarkan musyawarah dirinya, Ketua K5, DPP Pasar Ciranjang dan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Industri (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur akan menambah pembangunan di sekitar kios itu.

“Ini adalah pembelajaran untuk kita semua, semoga ini merupakan kebangkitan untuk membangun Pasar Ciranjang,” katanya.

Namun, dirinya menyebut, kekurangan kios itu akan segera dibangun. Hal itu dilakukan agar para pedagang yang kiosnya terbakar bisa kembali berdagang.

“Karena kapasitas kios ini 400, sisanya 400 lagi. Kurang lebih kios yang terbakar itu 800,” jelas dia.

Kepala Bidang Perdagangan Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Nana Rukmana, mengatakan, jumlah pedagang yang dialihkan ke kios darurat jumlahnya masih ditaksir. Pihaknya berkeinginan membangun kembali lahan yang sempat terbakar, namun terkendala anggaran.

“Sementara kios darurat, masih diukur-ukur masih ditaksir berapa yang kebakar jumlah kiosnya. (Pembangunan kembali) terkendala anggaran, miliaran. Di atas Rp30 miliar.” tuturnya kepada Cianjur Today, Selasa (11/08/2020).

Ia menuturkan, perencanaan juga sudah dilakukan namun terkendala dana. Meski begitu, sumber anggaran lain pun sedang dicari. “Jadi terkendala sampai saat ini, Insya Allah ada sumber lain dari provinsi atau pusat. Masih mencari,” jelas dia.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button