Today

Paguyuban Pasirkuda Bersatu, Giat Ajak Masyarakat Tumbuhkan Kepedulian Sosial

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Di tengah masa pandemi saat ini, membuat banyak masyarakat harus bergelut dengan keadaan yang serba terbatas, terutama masalah ekonomi. Maka dari itu, sejumlah pegiat sosial bahu-membahu mengulurkan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Salah satunya adalah yang dilakukan Lembaga Sosial Paguyuban Pasirkuda Bersatu (LSPPB) yang rutin menggelar agenda bakti sosial, yaitu menjenguk salah seorang lansia yang tengah sakit bernama Maryamah (70), warga asal Desa Kalibaru, Kecamatan Pasirkuda.

Ketua Umum LSPPB, Karyadi alias Dawuk menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program rutinan mereka setelah berdiri sekitar satu tahun, pada 19 Agustus 2019 silam. Kantor yang berlokasi di Kampung Mekar Saluyu, RT 02/RW 01, Desa Pusakajaya Pasirkuda, Kabupaten Cianjur inipun kerap menjadi tempat munculnya berbagai ide kreatif untuk membantu warga kurang mampu.

“Kegiatan bakti sosial ini secara konsisten terus dilaksanakan oleh LSPPB, dengan mengambil konsep Pemuda Hijrah Pasirkuda, Bersatu, Berfikir, Beramal, dan Bersyukur. Kegiatannya adalah memastikan kondisi kesehatan para lansia kurang mampu yang rutin dilaksanakan di sembilan desa dan termasuk memberikan donasi bagi mereka,” papar Dawuk, saat diwawancarai Cianjur Today, Selasa (2/2/2021).

Dawuk melanjutkan, kegiatan ini diharapkan dapat menyatukan para pemuda dan tokoh masyarakat yang nantinya bersatu-padu berbuat kebaikan dan menumbuhkan kepedulian sosial bagi mereka yang membutuhkan, baik di wilayah Kecamatan Pasirkuda maupun untuk umum.

Tidak hanya kegiatan sosial, LSPPB juga giat dalam acara keagamaan. Setiap bulan mereka berkolaborasi dengan Gabungan Ustadz Muda Pasirkuda (GUSDA). Hal ini tentunya mendukung program pemerintah dalam bidang membangun desa oleh pemuda-pemudi milenial Pasirkuda.

“Kami juga bekerja sama dengan Forum Mahasiswa Kecamatan Pasirkuda (FMKP), di samping juga terlibat dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, juga aktif melaporkan tempat rawan bencana kepada pihak yang berwenang,” jelas Dawuk.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Umum LSPPB, Anan Hermawan menuturkan, bahwa donasi yang mereka galang, terkumpul dari beberapa sumber.

“Ada dari hasil dari usaha organisasi dan iuran para anggota yang terdiri para pemuda hijrah, perangkat desa, pegawai BUMN/BUMD, pengusaha swasta, petani sayuran, dan lain-lain,” paparnya.

Anan melanjutkan, di masa pandemi ini, LSPPB juga membantu satgas dalam penanganan Covid-19 dengan terus memantau perkembangan pandemi dan menyosialisasikan kepada masyakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

“Karena Pasirkuda adalah kecamatan pintu keluar masuknya warga dari kabupaten lain, sehingga tentunya rawan menjadi klaster pandemi,” tuturnya.

Terakhir, Anan berharap ke depannya, LSPPB dapat lebih menumbuhkan rasa sosial dan mengembangkan segala potensi unggulan di Kecamatan Pasirkuda.

“Konsistensi pemuda hijrah Pasirkuda dalam mengajak masyarakat untuk membudayakan kerja bakti dan membantu pemerintah dalam setiap programnya terus kami lakukan. Semoga LSPPB dapat terus berkembang dan menjadi pioner pemberdayaan pemuda milenial yang aktif, kreatif, dan berjiwa sosial yang tinggi,” pungkasnya.(ega)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks