Pendidikan

Pandemi Corona, PPDB SMK BPC Dilakukan Lewat Whatsapp

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Akibat Pandemi Corona, Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Bunga Persada Cianjur (BPC) dilakukan melalui Whatsapp. Hal itu karena adanya social distancing atau jaga jarak sebagai pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Staff Humas atau Hubin sekaligus kKetua PPDB SMK Bunga Persada Cianjur (BPC), Widi Nur Indahmurni, menuturkan, pihaknya telah melaksanakan promosi sekolah dengan cara membuat iklan, jauh sebelum Covid-19 menyerang. Namun setelah adanya pandemi berbeda.

“Kebetulan kami buka pendaftaran dari bulan November 2019. Kit sudah iklan dari 2019 iklan PPDB karena kalau swasta sudah biasa seperti itu. Kebetulan yang mendaftar ke kita dari bulan Januari. Kebetulan waktu itu Covid-19 terjadinya pas ujian nasional, dari sana diberlakukanlah social distancing,” ujarnya, belum lama ini.

Ia mengungkapkan, karena wabah Covid-19 di pertengahan Maret, sistem online diberlakukan melalui link dan via WhatsApp yang servernya memadai untuk PPDB. Pendaftar cukup memfoto beberapa dokumen.

“Jadi kita infromasikan baik dimedia sosial mauun instagram, facebook, WhatsApp. Apabila ada peserta didik yang ingin mendaftar ke SMK Bunga Persada Cianjur. Tetapi mereka takut berkunjung ke kami, tinggal lampirkan saja KK, Akta kelahiran di foto, nama lengkap, jurusan yang di pilih. Terus asal sekolah dan nomor telepon,” jelas dia.

Ada Keringanan

Sebagai persyaratan bagi pendaftar, cukup melampirkan KK dan Akte via WhatsApp dan nantinya anak telah terdaftar di SMK Bunga Persada Cianjur.

“Kemungkinan kami juga menggunakan link PPDB SMK Bunga Persada Cianjur. Tetapi mayoritas di lingkungan kita. Kadang orang tua tidak mengerti. Makannya kami fasilitasi dengan cara kalian boleh mendaftar via WhatsApp saja,” ucapnya.

Karena saat ini memasuki new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), katanya, maka pendaftar sudah diperbolehkan untuk datang ke sekolah secara langsung. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak serta diwajibkan memakai masker.

“Tim kami pun baik satpam yang jaga di depan sekolah. Ketika ada yang datang ke sekolah mereka di cek suhu. Menggunakan handsaitizer, dan mereka menggunakan masker,” kata dia.

SMK BPC juga akan memberikan keringanan biasaya pendaftaran khususnya untuk peserta didik baru. “Walaupun di tengah pandemi Covid-19. Mudah-mudahan di PPDB tahun ini jumlah siswanya sesuai dengan yang diharapkan,” tutupnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami