Today

Panen Raya Pepaya California, Bikin Cuan Petani di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) wana lestari Pokland Agrowisata Forestry panen raya pepaya California yang ditanam di lahan seluas 2 Ha di Hutan Pangkuan Desa (HPD) Haurwangi Kecaman Haurwangi Kabupaten Cianjur.

Pepaya California yang panen setiap pekan itu, penjualannya saat ini sudah tersebar ke setiap pasar yang ada di Bandung. Selain itu juga di Bekasi, Purwakarta, Bogor, Jakarta dan kota lainnya yang ada di Jawa Barat dan Jabodetabek. Tak kurang dari 2 ton hasil panen selalu terjual.

Ketua KUPS Wana Lestari Pokland Ayi Juanda menerangkan, penanaman pepaya california di wana wisata Pokland ini merupakan pengembangan usaha Wana Wisata Pokland dalam bidang pertanian.

Baca Juga: Intip Serunya Adu Ketangkasan Domba Garut di Pokland


“Dengan lahan seluas 2 Ha, program ini bertujuan untuk menarik para pengunjung /para wisatawan yang datang ke Pokland. Selain itu tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri,” ungkapnya.

Tanaman Lain akan Hadir di Pokland

Ia melanjutkan, Kedepannya lahan tersebut juga akan ditanami jenis buah-buahan lainnya. Sehingga para wisatawan yang datang ke Pokland akan bisa beli dan metik sendiri.

“Sebenarnya sekarang itu, tidak hanya tanam pepaya saja, nyatanya KUPS Wana Lestari menanam Sorgum untuk pakan ternak seluas 2 Ha yang lokasinya tidak jauh dari tanaman pepaya. Sebentar lagi akan panen raya, dengan adanya itu seluruh anggota petani yang ada dalam KUPS akan sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang Petani Pepaya california, Misbah (47) menambahkan, pihaknya mengaku bersyukur bisa bergabung di KUPS Wana Lestari Pokland. Karena bisa menanam pepaya california yang panennya cepat, yakni sepekan sekali dan hasilnya cukup memuaskan.

Tidak hanya itu saja, selama mengurus pohon pepaya, pihaknya juga bisa sabil menanam Cabai rawit, kacang tanah dan jenis tanaman singkat lainnya sebagai tanaman tumpang sari di bawah tanaman pepaya. Hasil tanaman tumpang sari tersebut mampu untuk meringankan beban hidup sehari-hari.

Baca Juga: Wana Wisata Pokland Suguhkan Keindahan Pohon Pinus yang Langka

“Hasil tanam tumpang sari, itu mampu untuk meringankan beban hidup sehari-hari. Hasilnya bisa untuk beli lauk asin dan tak tebi cabe rawit untuk sambal dan bisa untuk jajan anak -anak,” pungkasnya.(asi)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button