Today

Panitia Musyawarah PAW Kades Cikondang Larang Wartawan Meliput

CIANJURTODAY.COM, Bojongpicung
Pelaksanaan musyawarah Pemilihan Antar Waktu (PAW) Kades Cikondang Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur diwarnai dengan pengusiran wartawan yang hendak meliput kegiatan.

Pengusiran tersebut membuat kecewa para wartawan dan dalam waktu dekat akan melakukan unjuk rasa ke Kantor Kecamatan Bojongpicung.

Salah seorang wartawan yang mendapat pengusiran dari panitia Musyawarah PAW Kades Cikondang, Apip Samlawi menerangkan, sehari sebelum kegiatan musyawarah PAW, ia sudah mendaftarkan diri untuk menjadi peliput pada pelaksanaan acara, Rabu (23/2/2022) tersebut.

Namun, lanjutnya, setelah berada dalam lingkungan pelaksanaan musyawarah PAW Kades Cikondang, panitia melarang seluruh wartawan malah untuk meliput. Baik mengambil foto ataupun video kegiatan.

“Saat Ketua dan Anggota BPD keluar dari bilik suara untuk mencoblos dan kemudian memasukkannya ke dalam kotak suara, wartawan langsung mengambil foto dan video. Seketika itu juga, panitia melarang kami mengambil foto dan video. Kemudian seorang petugas keamanan langsung mengusir kami dari lokasi kegiatan,” ungkapnya.

Panitia Musyawarah PAW Kades Cikondang Terindikasi Tidak Netral

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Cikondang yang berinisial X menambahkan, terdapat dugaan panitia Musyawarah PAW Kades Cikondang memihak pada salah seorang kandidat dengan nomor 2.

Menurutnya, sebelum pelaksanaan PAW sudah terlihat sejumlah kejanggalan. Mulai dari ketimpangan suara tokoh yang asli kalah dengan yang ditokohkan hingga banyak kejanggalan lainnya.

“Sehari sebelumnya para wartawan harus registrasi terlebih dahulu dan sudah harus berada di sekitar lingkungan kegiatan lebih awal. Kemudian, wartawan tidak boleh mengambil foto apapun kecuali ada petunjuk dari pihak keamanan,” paparnya.

Fakta lain berdasarkan pantauan di lapangan, sambungnya, saat penghitungan suara terlihat jelas ada keberpihakan pada calon nomor 2, karena ketika penghitungan suara terakhir dan nomor 2 unggul, panitia secara spontan bertepuk tangan dan terlihat gembira atas kemenangan tersebut.

“Banyak kejanggalan dan panitia terlihat tidak netral,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panitia PAW Kades Cikondang, Agus S, menolak untuk memberikan keterangan apapun kepada wartawan yang bertanya usai kegiatan selesai.

“Kami tidak akan memberikan konfirmasi apapun, karena masih capek dan sibuk, makasih,” singkatnya.(asi/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami