Today

Para Pencinta Alam Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Kaki Gunung

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Sejumlah organisasi pencinta alam menggelar vaksinasi Covid-19 ketiga kalinya, bagi masyarakat kaki gunung, khususnya di jalur pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi sudah dilaksanakan di jalur pendakian Salabintana Sukabumi dan jalur Cibodas.

Saat ini, vaksinasi ketiga digelar di jalur Gunung Putri yang akan berlangsung selama dua hari di Aula SMK 2 Pacet, Desa Sukatani, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Selasa (14/9/2021).

Ketua Panitia Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung, Rahmi Hidayati mengatakan, vaksinasi ini dibuat khusus bagi para pecinta alam dan aktivis lingkungan di wilayah TNGGP, agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Mandalawangi Bergerak yang didukung oleh Mapala, Wanadri, Montana, Panthera dan GPO,” ujar Rahmi kepada Cianjur Today, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, vaksinasi tersebut dibuat, karena saat ini banyak yang mendaki gunung, akan tetapi tidak memikirkan kesehatan dan keselamatan masyarakat yang tinggal di kaki gunung.

“Karena memang secara langsung maupun tidak langsung, saudara-saudara kita di kaki gunung mulai relawan dan pemandu pendakian, akan langsung bersentuhan dengan para pendaki dari luar daerah. Makanya, kami membuat program vaksinasi bagi masyarakat kaki gunung ini,” terangnya.

Pihaknya menuturkan, prioritas utama vaksin ini untuk masyarakat atau saudara-saudara yang berhubungan langsung dengan kegiatan pendakian di gunung.

“Jadi yang utama ini untuk porter, guide atau pemandu pendakian, dan penjaga warung-warung yang ada di wilayah pintu masuk pendakian. Termasuk mereka yang berada di pintu masuk pendakian,” paparnya.

Penyaluran vaksinasi di kaki gunung ini merupakan titik ketiga dan satu titiknya disediakan 1.000 dosis.

“Jalur pendakian TNGGP ini ada tiga titik. Pertama di Cibodas, kedua Salabintana, yang ketiga di Gunung Putri ini. Selanjutnya, kita sudah berencana akan menggelar kegiatan serupa di gunung-gunung yang ada di Indonesia,” tandasnya.(ren/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button