Today

Pemdes Batulawang Gencar Galang Dana untuk Bangun Kembali Ponpes Al-Madaroh yang Ambruk

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Pemerintah Desa (Pemdes) Batulawang kini sedang memikirkan langkah pasti, untuk menggalang dana pembangunan Ponpes Al-Madaroh yang ambruk pada Sabtu (16/1/2021) lalu.

Pasalnya, pasca-ambruknya gedung Pondok Pesantren Al-Madaroh yang terletak di Kampung Loji RT 01/RW 01, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, menghentikan sementara kegiatan para santri.

Kepala Desa Batulawang, Nanang Rohendi mengatakan, pemerintah desa sudah membentuk panitia kecil untuk mencari donatur, agar gedung Ponpes Al-Madaroh yang ambruk ini bisa kembali dibangun.

“Alhamdulilah dengan panitia kecil yang saya bentuk, sudah mulai mencari donatur dan dermawan serta berkoordinasi dengan berbagai pihak, agar bisa membantu pembangunan Ponpes Al-Madaroh,” ujar Nanang, saat dikonfirmasi Cianjur Today, Selasa (19/1/2021).

Pihaknya menuturkan, pada pagi hari sekitar jam 09.00 Wib Ponpes pun kedatangan Wakil Ketua DPRD Jabar dari Partai Golkar, Ade Barkah Surahman untuk meninjau lokasi.

“Jadi kami sudah ada upaya, selain dari pemerintah desa, juga upaya dari Pemkab juga ada. Dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan pun sudah ada peninjauan dan memberikan bantuan berupa beras,” ungkapnya.

Selain itu, pasca-terjadinya bencana ambruknya Ponpes ini, dari BPBD Cianjur pun juga sudah memberikan bantuannya. Selain itu, lanjut Nanang, rencana ke depannya bila ada dana yang mencukupi dan sesuai maka bangunan tersebut akan segera dibangun kembali secara permanen.

“Insya Allah, akan dibangun secara permanen, jika biaya pembangunannya sudah mencukupi atau semampunya dengan semua pihak terkait. Ponpes tersebut bisa dibangun kembali,” ucapnya.

Pihak desa, lanjutnya, bersama semua pihak akan ikut membantu untuk mencari donasi sebanyak mungkin, agar Ponpes bisa dibangun kembali.

“Jadi nanti kami akan ke dinas-dinas terkait. Tadi pun alhamdulillah, sudah ada bantuan dari sejumlah pihak, baik langsung ke saya pribadi maupun ke Pemerintah Desa,” tandasnya.(ct6/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button