ABOUT DESAToday

Pemdes Wangunjaya Gelar Rakor Bahas Infrastruktur ke Wisata Gagak Lumayung

CIANJURTODAY.COM, Cugenang – Pemdes Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas pembangunan infrastruktur menuju Wisata Gagak Lumayung. Kegiatan ini berlangsung di Aula Desa Wangunjaya, Rabu (29/9/2021).

Camat Cugenang, Komariah mengatakan, rapat tersebut merupakan kegiatan untuk mewujudkan desa wisata, karena ada potensi wisata di wilayah Desa Wangunjaya.

“Potensi wisatanya berupa hutan pinus Gagak Lumayung. Lahan wisata ini sangat potensial untuk dikembangkan mungkin perlu keterlibatan berbagai pihak dalam pembangunannya,” paparnya saat diwawancara, Rabu (29/9/2021).

Kata camat, pihak yang harus terlibat mulai dari pemerintah pusat, provinsi, dan daerah. Sebab secara finansial desa tidak akan mampu untuk mengembangkan potensi wisata tersebut secara individu.

“Dalam hal ini terutama penyediaan infrastruktur jalan. Adanya jalan tersebut belum begitu dapat dilalui oleh kendaraan roda empat dengan nyaman, dengan roda dua pun masih sangat berbahaya,” terangnya.

Ia menambahkan, pemulihan sektor wisata merupakan salah satu strategi atau program dari pemerintah pusat dalam meningkatkan perekonomian di masa pandemi.

“Harapannya sektor pariwisata dapat menjadi pemicu yang memberikan multiplier effect yang luas untuk pertumbuhan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Wangunjaya, Misbahudin. Menurutnya pembangunan desa wisata di Wangunjaya dengan Gagak Lumayung sebagai ikonnya menemui kendala.

“Jalan yang akan menjadi akses wisatawan ke camping ground Gagak Lumayung, Wangunjaya masih belum bisa dilalui dengan nyaman,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan digelarnya rapat koordinasi tersebut menghasilkan solusi dalam pembangunan desa wisata di Wangunjaya. Pihak PUPR pun akan menerima ajuan proposal anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tersebut.

“Alhamdulillah dengan mengundang berbagai pihak yang terkait rapat ini dapat menghasilkan solusi. Semoga solusi tersebut bisa terbukti secara kongkret sehingga tempat wisata Gagak Lumayung segera terwujud,” harapnya.(ian/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker