Today

Pemerintah Siap Bantu Rumah Warga Cianjur yang Terdampak Gempa  

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Pusat dan Provinisi Jawa Barat siap membantu rumah warga yang terdampak gempa bermagnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur. Gempa tersebut setidaknya menelan 268 korban jiwa, 1.083 orang terluka, 58.362 orang yang mengungsi, dan 22.198 rumah yang rusak parah, sedang atau ringan.

Presiden RI Joko Widodo yang meninjau langsung proses evakuasi longsor dan reruntuhan akibat gempa Cianjur memastikan pemerintah akan memberikan bantuan terhadap rumah warga yang rusak.

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas terjadinya musibah gempa bumi ini. Saya telah memerintahkan seluruh jajaran pemerintah terkait untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi, dari evakuasi dan penyelamatan korban, hingga perbaikan jalan di lokasi,” kata Joko Widodo dikutip dari akun resminya @jokowi, Selasa (22/11/2022).

Dirinya mengaku tiba di Cianjur pada Selasa (22/11/2022) siang demi memastikan korban gempa menerima penanganan yang memadai. Presiden yang akrab disapa Jokowi ini mengaku memilih jalur darat dengan mobil demi memastikan akses jalan yang tertutup sudah dibuka. 

“Dengan begitu, bantuan logistik, seperti makanan, obat-obatan, dan bantuan lainnya tidak terhambat dalam pengiriman,” ucap dia.

BACA JUGA: Ibu Hamil 9 Bulan Terjebak Reruntuhan Pasca Gempa Cianjur

Tidak hanya Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menegaskan pemerintah siap membantu rumah warga yang rusak akibat gempa. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap di luar rumah hingga Jumat (25/11/2022) mendatang.

“Insya Allah hari Jumat mah raat (reda), jadi warga jangan ada yang ke rumah dulu hingga hari Jumat,” ungkap dia ketika berkunjung ke masyarakat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun meminta warga untuk mendokumentasikan rumah yang rusak tersebut beserta nama kepala keluarga dan nomor HP. Ia memastikan pemerintah akan memberikan bantuan dana.

“Fotokan beserta nama kepala keluarga dan nomor HP, insya Allah akan diberikan bantuan Rp50 juta untuk yang rusak berat dan Rp10 juta untuk yang rusak sedang,” kata dia.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks