TodayUpdate Covid-19

Pemkab Cianjur akan Buka Alun-alun Setelah Lebaran

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur berencana akan buka Alun-alun Cianjur setelah Lebaran Idul Fitri. Pemkab beralasan hal ini untuk menghindari adanya kerumunan warga terutama saat ngabuburit apabila alun-alun dibuka.

Meski Cianjur saat ini sudah kembali berstatus PPKM Level 1, warga Cianjur harus bersabar karena tidak bisa ngabuburit di tempat alun-alun yang peresmiannya langsung oleh Presiden Jokowi pada Februari 2019 lalu.

Praktis, alun-alun Cianjur tidak bisa warga gunakan untuk ngabuburit selama dua tahun. Hal ini lantaran Pemkab Cianjur menutup alun-alun pada tahun 2020 dan 2021 akibat naiknya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Alun-alun Cianjur Kembali tutup Akibat Covid-19 Meningkat

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, meski sudah masuk ke PPKM 1, pemerintah belum berniat untuk membuka landmark Cianjur tersebut. Pemkab Cianjur baru akan buka Alun-alun setelah lebaran.

“Rencananya nanti saja setelah Lebaran dibukanya,” ujar Herman, mengutip dari detiknews, Rabu (6/5/2022).

Menurutnya, mengingat antusiasme warga yang sangat tinggi untuk ngabuburit di alun-alun, membuat pihaknya khawatir akan terjadi kerumunan yang besar bila alun-alun ini kembali terbuka untuk umum. Sehingga, untuk saat ini perpanjangan ini penutupan akan berlangsung hingga setelah Lebaran.

“Belum buka saja sudah banyak yang mau berkunjung. Jadi daripada menimbulkan kerumunan dan menaikan lagi kasus Covid-19, lebih baik kami tunda dulu pembukaannya,” tutup Herman.

Alun-alun Sempat Tutup Karena Lonjakan Kasus Covid-19

Sebelumnya, lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Cianjur membuat Pemkab Cianjur harus menutup kembali Alun-alun Cianjur.

Padahal, Alun-alun tersebut baru sebulan buka kembali setelah setahun lebih tutup akibat pandemi.

BACA JUGA : Asik! Alun-alun Cianjur Buka Lagi, Belum Vaksin Tidak Bisa Masuk!

Antusiasme masyarakat terbilang cukup tinggi saat Alun-alun kembali pada Selasa (11/1/2022) lalu. Pasalnya, kunjungan wisatawan ke landmark iconic cianjur itu mencapai ratusan orang di weekday dan ribuan saat weekend.

“Jadi bukan hanya warga lokal, dari luar kota juga banyak yang datang untuk liburan dan berfoto di sana,” kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, Senin (14/2/2022).

Sayangnya, khawatir akan terus terjadi penyebaran Covid-19 dengan timbulnya kerumunan masyarakat, Pemkab Cianjur terpaksa menutup kembali Alun-alun Cianjur.

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami