Today

Pemkab Cianjur Bangun Posko Darurat Pengisian Oksigen

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur membangun Posko Darurat Pengisian Oksigen di Pendopo Cianjur. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan oksigen.

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal menjelaskan, pihaknya akan menerima hibah oksigen dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Kami juga ada pengadaan oksigen yang nantinya sama-sama akan ditempatkan semua di posko itu. Kemudian bagi puskesmas yang membutuhkan, bisa mengakses ke sana,” ujar Yusman kepada Cianjur Today, Rabu (21/7/2021).

Akan tetapi, lanjutnya, tabung gas yang tersedia di Posko Darurat Pengisian Oksigen masih belum terlalu banyak. Ia menjelaskan, baru dua rumah sakit yang mengakses yaitu RSUD Sayang dan Rumah Sakit Dokter Hafiz (RSDH).

“Di gudang Posko Darurat itu ada sekitar lima tabung besar, tapi kan itu mobile. Artinya, tabung itu kami tarik untuk diisi ulang di posko dan jika ada yang membutuhkan lagi baru kami berikan,” jelasnya.

Yusman menjelaskan, ia menargetkan 100 tabung untuk ditempatkan di Posko Darurat Pengisian Oksigen dan hanya menyediakan oksigen berbentuk gas.

“Oksigen itu ada dua, ada yang cair dan gas. Kalau yang gas itu dalam tabung dan untuk yang literan itu yang cair, stoknya semua terjamin,” terangnya.

Selain itu, ia menuturkan, stok oksigen di Cianjur memang sedang menipis. Hal ini dikarenakan ketidaksiapan ketika adanya penambahan ruang isolasi Covid-19.

“Karena sejak awal, kami belum siap untuk penambahan ruang isolasi Covid-19. Jika sudah disiapkan dari awal, pasti ada penyiapan juga untuk instalasi oksigen,” tandas dia.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button