Today

Pemkab Cianjur Tambah 50 Ruang Isolasi di RSUD Sayang

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menambah 50 ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur mengingat pasien positif Covid-19 di Cianjur yang terus meningkat.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal. Sebelumnya diketahui, jika RSUD sempat mengurangi ruang isolasi.

“Sebelumnya Pemkab mengurangi ruang isolasi di rumah sakit, lantaran temuan kasus yang rendah pada beberapa bulan ke belakang,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (3/11/2020).

Ia menjelaskan, peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur semakin meningkatkan selama dua bulan terakhir. Sehingga, lanjut Yusman, pihaknya juga akan melakukan penambahan kuota ruang isolasi di Rumah Sakit.

“Di RSUD Cianjur jumlah ruang isolasi hanya mampu mencapai 150 pasien, jadi kalau masih kekurangan masih bisa ditambah,” jelas dia.

Diketahui, saat ini sudah ada 239 kasus positif Covid-19. Yaitu sebanyak 135 pasien sudah sembuh sementara 104 lainnya masih dirawat baik di rumah sakit atau di ruang isolasi khusus.

10 Pasien Positif Covid-19 di Cianjur Tak Dapat Kamar Isolasi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sebanyak 10 pasien positif Covid-19 di pusat isolasi Vila Bumi Ciherang Kabupaten Cianjur belum mendapatkan perawatan intensif, dikarenakan kamar perawatan yang penuh. Akhirnya, semua pasien pun harus bersabar menunggu giliran.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur Yusman Faisal mengatakan, hanya ada 60 kamar isolasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

“Sedangkan pasien positif tanpa gejala jumlahnya sekitar 70 orang,” tuturnya kepada Cianjur Today, Senin (2/11/2020).

Akibatnya, lanjut Yusman, pasien positif tanpa gejala perlu menunggu giliran sampai diberlakukan daftar antrian hingga mendapatkan perawatan.

“Ruang isolasinya penuh sehingga kami berlakukan sistem daftat tunggu,” jelas dia.

Yusman menerangkan, pasien yang tidak kebagian kamar tersebut akhirnya diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur.

“Akan tetapi tidak menunggu lama. Begitu ada yang sudah sembuh, akan diganti oleh pasien berikutnya,” ungkapnya.

Yusman menyebut, pihaknya akan menambah kamar isolasi di Vila Bumi Ciherang Pacet mengingat jumlah pasien positif Covid-19 terus meningkat.

“Kami usahakan melakukan penambahan kamar minimal dua kali dari jumlah kuota saat ini. Jika saat ini hanya ada 60 kamar berarti kita tambah lagi 60 sehingga jadi 120 kamar,” ungkapnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button