Today

Penanganan Covid-19 di Cianjur Sudah ‘On The Track’, Tinggal Merubah Perilaku Masyarakatnya

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur menilai penanganan sudah berjalan dengan baik dan ‘on the track’. Namun, perilaku masyarakat yang hingga kini masih sulit dikendalikan.

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, kini pihaknya tidak bisa lagi membatasi pergerakan masyarakat. Sebab, bisa saja warga luar bisa berada di Cianjur dalam waktu singkat.

“Dari lintas batas mana pun bisa berada di Cianjur dalam hitungan jam, otomatis jika dikaitkan dengan penyebaran, penularan Covid-19 ini sangat cepat,” tuturnya kepada Cianjur Today, Selasa (10/11/2020).

Di sisi lain, lanjut Yusman, penanganan Satgas mulai dari testing, temuan, pelacakan, sampai tracing masih ‘on the track’ sesuai dengan anjuran WHO.

“Sosialisasi juga sudah masif apalagi kemarin Gema 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak tidak hanya dilakukan di titik tertentu, tapi di semua kecamatan juga bergerak,” kata dia.

Maka dari itu, saat ini pihaknya hanya perlu mengubah perilaku masyarakat. Yusman menilai, masyarakat Cianjur masih belum terbiasa dalam menerapkan protokol kesehatan terutama masker.

“Tinggal merubah perilaku masyarakat dan mungkin pemerintah lebih ke ranah kebijakan seperti lockdown atau PSBB, itu sangat penting menurut saya,” ujarnya.

Selain itu diketahui, pada Senin (9/11/2020), ada sekitar 758 jumlah kasus kontak erat, discarded 362 orang, masih dalam proses 366 orang dan alamat KTP dari luar Cianjur ada 30 orang.

Lalu untuk kasus yang tersuspek ada 1.547, terdiri atas discarded 1.428 orang, masih tahap proses 82 orang, meninggal 25 orang dan alamat dari luar Cianjur terdiri dari 12 orang.

Dilaporkan juga dalam kasus Probable hanya ada tiga yaitu selesai/sembuh dua orang, masih proses tidak ada dan meninggal satu orang.

Sementara itu, untuk kasus konfirmasi terkait Covid ada sebanyak 357. Hingga saat ini, yang sembuh mencapai 181 orang, masih dalam proses 154 orang dan meninggal empat orang dan alamat KTP luar Cianjur ada 18 orang.

Data penambahan kasus positif Covid-19 kini dipublikasikan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur di https://www.covid19.cianjurkab.go.id.(afs/ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button