PendidikanTips, Trik, dan Tutorial

Penerimaan CPNS 2019 Tinggal Menghitung Hari, Ini Cara Daftarnya

CIANJURTODAY.COM – Tinggal menghitung hari menuju Penerimaan CPNS 2019, banyak orang berbondong-bondong untuk segera membuat persayaratan demi mendaftarkan diri di CPNS 2019 yang akan dibuka setelah pelantikan Presiden RI.

MenPAN-RB, Syafruddin mengungkapkan bahwa penerimaan CPNS akan dimulai Oktober 2019. Syafruddin pun memberikan bocoran bahwa rekrutmen itu akan digelar setelah pelantikan presiden.

“Bulan ini, setelah pelantikan presiden,” katanya dikutip detikcom, Sabtu (12/10/2019).

Oleh karena itu, bagi calon peserta yang telah memiliki persyaratan lengkap untuk daftar CPNS 2019 dan tidak tahu bagaimana prosedur pendaftaran CPNS 2019, berikut Cianjur Today ulas prosedur pendaftarannya:

Buat Akun di Website BKN

Untuk membuat akun, calon peserta CPNS 2019 cukup membuka laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) https://www.bkn.go.id. Setelah itu, pilih menu SSCN kemudian klik Registrasi. Lalu, isi NIK, nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

Setelah itu, isi alamat email yang aktif, password dan jawab beberapa pertanyaan yang diajukan untuk keamanan akun. Kemudian, unggah pas foto dengan ukuran gambar minimal 120 kb dan maksimal 200 kb. Namun, pastikan foto yang diunggah tersedia dalam format JPG atau JPEG. Terakhir, cetak kartu informasi akun.

Login Ke Portal SSCN

Setelah akun berhasil dibuat, login melalui portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, lengkapi data peserta CPNS.

Ketika mengunggah foto diri, harus sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Sebab, hal ini akan dijadikan sebagai bukti bahwa peserta CPNS sudah membuat akun wajib.

Setelah itu, lengkapi biodata dengan memilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Selain itu, unggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan yang ditetapkan instansi yang dipilih. Kemudian, periksa kembali semua kelengkapannya di form Resume.

Cetak Kartu Pendaftaran

Setelah melengkapi biodata, pihak verifikator akan memeriksa semua kelengkapan berkas yang sudah diunggah. Setelah itu, unggahan berkas-berkas tersebut akan dikirimkan ke instansi yang dipilih, dan akan meminta peserta untuk mengirim berkas.

Apabila calon peserta CPNS dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut, calon peserta CPNS 2019 akan mendapatkan kartu ujian yang akan digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya yang telah disesuaikan dengan instansi yang dipilih.

Menunggu Pengumuman

Terakhir, calon peserta CPNS hanya perlu menunggu pengumuman yang akan diumumkan langsung di laman resmi BKN. Pastikan pula untuk tidak terpengaruh oleh oknum-oknum yang menawarkan pendaftaran CPNS 2019 dengan proses yang cepat dan menyertakan tarif.

Sebab, penerimaan CPNS 2019 ini akan berjalan dengan transparan dan tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. (ct2)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button