Pendidikan

Pengertian dan Sistematika Pembuatan Makalah yang Benar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Secara umum makalah memiliki sistematika yang terbagi menjadi empat bagian, yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan, dan simpulan atau penutup. 

Sebelum membuat makalah tentunya kamu harus tahu secara lengkap, apa itu pengertian makalah? Juga mengenali ciri atau larakteristik serta strukturnya. Pada artikel kali ini Cianjur Today akan ulas materi makalah secara lengkap. Mulai dari engertian hingga

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok. Pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Selain itu makalah juga memiliki arti karya tulis pelajaran atau mahasiswa. Sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Selain itu, terdapat beberapa pengertian makalah menurut para ahli. Bisa menjadi dasar pengertian makalah disamping pengertian dari KBBI, yakni sebagai berikut.

W.J.S Poerwadarminta

Makalah ialah uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.

Panuti Sudjiman

Makalah dapat didefinisikan sebagai karangan prosa, bukan cerita rekaan yang membicarakan pokok tertentu. Biasanya makalah dimuat di majalah atau koran, tapi makalah bisa juga merupakan sebuah buku antologi.

A.E. Fachrudin

Makalah ialah jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku “book report” maupun sebagai hasi karangan tentang suatu pokok persoalan.

Siswoyo Harjodipuro

Makalah ialah suatu karya tulis, baik yang ditulis oleh para mahasiswa sebagai pemenuhan tugas mata kuliah maupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.

Tanjung dan Ardial

Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Surakmad

Makalah dapat didefinisikan sebagai segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok permasalahan.

Karakteristik Makalah

• Makalah merupakan hasil penelitian dari laporan pelaksanaan suatu kegiatan yang ada di lapangan tentang suatu permasalahan yang terjadi
• Makalah dapat menunjukan kemampuan seseorang tentang pemahaman teori ataupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun sebuah makalah.
• Makalah dapat digunakan untuk mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki ketika menyusun berbagai macam sumber informasi dalam menyelesaikan permasalahan.
• Makalah dapat digunakan untuk mendemonstrasikan pemahaman teori ataupun kemampuan dalam menerapkan prosedur-prosedur yang mempunyai kaitan dengan permasalahan.

Sistematika Penulisan Makalah

Untuk menyusun makalah, kita harus tahu terlebih dahulu sistematika dalam penulisan makalah. Sistematika makalah secara garis besar terdiri atas tiga bab atau bagian utama dan didalamnya mencakup beberapa bagian lainnya.

1) Pendahuluan

Pendahuluan memuat tentang persoalan yang akan dibahas, yakni meliputi:

Latar belakang, di dalamnya menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya judul atau topik untuk dibahas.

Rumusan masalah yaitu, isinya mencakup tentang ruang lingkup atau rumusan permasalahan yang menjadi batasan masalah.

Maksud dan tujuan penulisan, yaitu bagian yang berisi tentang penjelasan maksud penulisan makalah dan tujuan yang berisi tentang hal yang diinginkan sesuai dengan konteks persoalan yang akan dibahas.

2) Pembahasan

Dalam bagian pembahasan, di dalamnya merupakan uraian yang relevan dengan rumusan masalah. Meliputi bahasan singkat teori pendukung berdasarkan kajian pustaka atau bahan referensi yang digunakan. Bagian pembahasan pada dasarnya untuk membahas permasalahan dengan alternatif pemecahan masalah yang dikaji yang bisa dibantu dengan faktor pendukung dan penghambat. Bagian ini menjadi bagian isi utama makalah, karena menjadi bahasan luas permasalahan topik yang dibahas.

3) Penutup

Penutup menjadi bab terakhir makalah berisi tentang penegasan isi dari makalah. Dirumuskan dengan jelas, singkat, dan tegas didalamnya meliputi:
• Kesimpulan, merupakan bagian yang berisi jawaban dan permasalahan dalam bentuk ikhtisar permasalahan
• Saran, merupakan bagian yang berupa usul atau pendapat dari penulis yang mengacu pada materi pembahasan

Selain ketiga struktur utama dalam makalah di atas, terdapat pula bagian penunjang dalam pembuatan makalah, yang meliputi:
• Lembar Judul
• Lembar Pengesahan
• Kata Pengantar
• Daftar Isi
• Daftar Gambar (jika ada)
• Daftar tabel (jika ada)
• Daftar Pustaka
• Lampiran-lampiran

Dalam penulisannya untuk bagian atau bab pertama disimpan setelah daftar isi. Untuk mempermudah penulisan, sebelum penulisan makalah kamu bisa membuat kerangka isi bahasan yang akan dimuat.(ct4/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker