Gaya Hidup

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Seni Rupa Murni

CIANJURTODAY.COM – Pengertian Seni rupa murni adalah karya seni yang diciptakan bebas dengan lebih mengutamakan fungsi keindahan.

Sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan. Dilansir dari buku The Perceptual Structure of Three-Dimensional Art (2016) karya Paul MW, fungsi dari seni rupa murni untuk memuaskan batin di dalam ciptaanya.

Mengutamakan unsur keindahan. Contoh karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, grafiti, relief, seni koreografi, dan masih banyak lainnya

Fungsi Utama Seni Rupa Murni Adalah Untuk

Dari pengertian seni rupa murni diatas, fungsi utama hanya semata-mata sebagai hiasan atau pajangan aja. Fungsi seni rupa murni hanya fokus pada pengindah belaka dan tidak bisa digunakan dalam mempermudah kehidupan kita.

Contoh Seni Rupa Murni

Lukisan

Semua pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya lukisan, dari SD mungkin sudah tau apa itu lukisan. Lukisan yang sering ada di dinding-dinding itu lho, entah itu berupa gambar diri seseorang ataupun benda. Dibuat pakai media berupa kertas, kanvas atau yang lainnya dengan alat lukis seperti pensil, kuas, cat dll.

Ternyata lukisan punya nilai keindahan dan estetika yang tinggi sehingga nilai jualnya pun juga tinggi. Terkadang walaupun cuman lukisan coret-coret abstrak.

Oleh karena itu, tidak sedikit kolektor lukisan yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang fantastis demi mendapatkan lukisan yang diinginkannya.

Patung

Dibuat dengan teknik tertentu berdasarkan alat serta media yang digunakan. Biasanya patung dibuat dengan cara membuat objek dari suatu bahan seperti tanah, batu alam, logam, dan masih banyak yang lainnya.

Hasil karya patung ini sudah ada sejak dulu dan bisa ditemukan diberbagai belahan bumi. Salah satu bukti bahwa patung sudah ada sejak dulu bisa dilihat dari banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah. Seperti patung-patung pahlawan.

Grafis

Sama dengan lukisan, seni grafis merupakan seni rupa dua dimensi. Dalam pembuatannya kebanyakan memakai teknik cetak baik modern yang menggunakan teknologi canggih atau konvensional.

Beberapa teknik diantaranya adalah Collograph, Etsa, Monotype, Cukil kayu, Sablon dan masih banyak yang lainnya.

Mozaik

Mozaik adalah seni merangkai potongan atau pecahan kecil menjadi suatu bentuk yang sangat indah. Dalam membuat mozaik pada umumnya memakai keramik, pecahan batu, dan masih banyak yang lainnya.

Seni mozaik ini sendiri sudah ada sejak zaman Romawi kuno, Wah, sudah lama sekali ya, hal ini dapat terlihat dari bangunan-bangunan peninggalan zaman dulu.

Kaligrafi

Sewaktu di TPA atau di SD pasti sering nih kalau disuruh menggambar pasti buatnya kaligrafi lafadz Allah SWT atau Muhammad SAW, iya kan?

Kaligrafi ini merupakan seni menulis dengan rangkaian kata atau kalimat indah yang ditulis pada media seperti kertas, batu, kayu dan yang lainnya.

Kaligrafi pada umumnya sering menggunakan tulisan arab sebagai media tulisannya. Dan tidak jarang juga ada orang yang menggunakan tulisan latin dalam media tulisannya.

Jenis Seni Rupa Murni Nusantara dan Mancanegara

Karya seni rupa ini banyak diproduksi oleh perupa di nusantara dan mancanegara :

Di Nusantara

  • Seni Lukis :R. Saleh, Abdullah Surjosubroto, Wakidi, Basuki Abdullah, Affandi, S. Sudjojono, dan Dullah.
  • Seni Patung : Nyoman Tjokot, But Muchtar, Nyoman Nuarta, Rita Widagdo, G. Sidharta, dan Dewa Made.
  • Seni Grafis : Abdul Salam, Mochtar Apin, Oesman Effendi, I Made Daryana, Widayat, dan AD Pirous.

Mancanegara

  • Seni Lukis : Vincent van Gogh dan Rembrandt van Rijn dari Belanda,Claude Monet, Paul Cezanne, dan Paul Gauguin dari Prancis, Salvador Dali dan Pablo Picasso dari Spanyol, Leonardo da Vinci dari Italia, Jackson Pollock dari Amerika.
  • Seni Patung : Michelangelo dari Italia dan Auguste Rodin dari Perancis

Demikian Penjelasan Cianjur Today mengenai Fungsi utama seni rupa murni berikut contohnya, semoga bermanfaat.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami