Bisnis Today

Pengertian Perdagangan Internasional dan Contohnya

BISNIS TODAY – Pernah berpikir bagaimana Indonesia mendapatkan sebuah komoditas ekonomi yang tidak dimiliki di negara ini? Tepat sekali itulah setidaknya gambaran mengenai pengertian perdagangan internasional.

Perdagangan sendiri merupakan nama lain dari proses tukar menukar barang dengan sesama suka dan telah menyepakati harga yang ditransaksikan antar kedua belah pihak.

Dalam keseharian, dunia ekonomi tidak hanya merambah hanya tingkat provinsi saja melainkan juga internasional. Hal ini sangat bermanfaat dalam memenuhi keutuhan masyarakat yang di negerinya sendiri tidak terdapat akan hal itu. Lalu apa yang dimaksud dengan pengertian perdagangan internasional dan apa saja bentuknya? Simak ulasan berikut!

Baca Juga: Cara Memilih Investasi yang Aman, Tepat, dan Benar

Pengertian Perdagangan internasional

Mendengar kata internasional pasti di benak kamu akan terpikir sebuah dunia global yang menyeluruh dengan beberapa anggota negara. Hal tersebut memang benar, jadi perdagangan internasional merupakan sejumlah aktivitas tukar menukar komoditas ekonomi dari satu negara dengan negara lain dengan mata uang yang telah disahkan sebelumnya. 

Umumnya perdagangan internasional terjadi di salah satu pelabuhan yang ramai akan komoditas ekspor maupun impor dari negara lain. Dalam melakukan kegiatan perdagangan internasional ini, seseorang eksportir harus mengetahui tentang persyaratan perdagangan yang ada.

Baca Juga: Doni Salmanan Tersangka Kasus Quotex, Cek Daftar Investasi Ilegal di 2022

Yang pertama ialah pengenaan bea cukai bagi setiap kapal transpor yang mendarat di sebuah negara. Hal ini seperti pajak yang harus dibayar kapal dan akan digunakan untuk melindunginya dari serangan pihak tak berwajib.

Hal yang kedua ialah penggunaan mata uang, telah disepakati oleh beberapa negara yang tergabung dalam dunia ekonomi internasional bahwa dalam perdagangan ini harus memerulkan nilai baku untuk alat ukur harga. Akhirnya diputuskanlah bahwa Dollar AS merupakan nilai tukar resmi untuk hal ini.

Baca Juga: Cuan Banyak! 6 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Dalam pengertian perdagangan internasional sendiri terdapat 2 jenis kegiatan yakni ekspor dan impor. Kegiatan mengirim barang dari negara kita menuju negara lain disebut sebagai ekspor, sedangkan permintaan negara kita kepada negara lain disebut impor.

Aktivitas pengertian perdagangan internasional yang lancar dapat dipengaruhi oleh terpenuhinya syarat diatas dan juga kualitas komoditas. Semakin banyak ekspor suatu negara ke negara lain, semakin banyak pula kesempatan untuk menjadikannya negara maju.

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks