Pendidikan

Pengertian Teks Prosedur Biar Kamu Tidak Gagal Paham

CIANJURTODAY.COM – Pengertian teks prosedur adalah sebuah panduan untuk menyelesaikan aktivitas atau masalah dengan beberapa langkah-langkah yang berurutan.

kata “prosedur” sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah.

Sumber: Instagram @xcvozds

Jenis-jenis Teks Prosedur

Dikutip dari laman resmi Ruang Guru Secara umum sampai pada poin ini seharusnya Anda sudah mulai mengenal tentangteks prosedur, dan punya jenis berdasarkan susunan dan fungsinya.
Berikut contohnya:

Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah teks yang hanya berisi 2 atau 3 langkah saja. Proses dan langkah-langkahnya jug sederhana dan tidak terlalu rumit serta pasti mudah Anda pahami.

Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks adalah teks yang mempunyai banyak arahan secara detail. Teks ini terdiri dari banyak langkah serta jenjang untuk tiap tahapannya. Jika ingin menyelesaikan aktivitas dengan bantuan teks prosedur kompleks, Anda harus teliti dan mengikuti arahan sesuai urutan. Teks ini sering digunakan pada aktivitas dengan banyak dokumen/melibatkan banyak pihak.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Ini Makna Tema Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan

Protokol

Sumber: Instagram @xcvozds

Lanjut yang terakhir adalah teks prosedur protokol, mempunyai pengertian teks yang langkah demi langkahnya tidak harus berurutan serta dapat Anda kerjakan pada bagian mana pun terlebih dulu. Tetapi, tujuan akhirnya tetap bisa tercapai.

Nah begitu penjelasan tentang teks prosedur, semoga bermanfaat.(*)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button