Tips, Trik, dan Tutorial

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 12, Login www.prakerja.go.id dan Info Gelombang 13

Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 12 login www.prakerja.go.id dan info gelombang 13. Seperti yang telah diketahui pendaftaran sudah dibuka selama tiga hari mulai 23 – 26 Februari 2021 dan telah ditutup pada Jumat (26/2/2021).

Rencananya, pada Selasa (2/3/2021) atau Rabu (3/3/2021) pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 12 akan dibuka bersamaan dengan dibukanya pendaftaran
gelombang 13 lewat www.prakerja.go.id.

Ada dua cara untuk mengetahui apakah Anda lolos di Kartu Prakerja Gelombang 12 atau tidak yaitu lewat SMS atau mengecek langsung di situs prakerja.

Lewat SMS

Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Pemberitahuan akan disampaikan ke nomor telepon yang didaftarkan saat pembuatan akun.

Maka dari itu, pastikan nomor telepon yang digunakan ketika mendaftarkan akun telah benar dan masih aktif, serta diimbau untuk tidak mengganti nomor HP.

Lewat situs www.prakerja.go.id

Selain melalui SMS, pengumuman peserta yang lolos Kartu Prakerja Gelombang 12 juga bisa dilihat di situs resmi Prakerja yaitu www.prakerja.go.id lalu cek ke bagian Dashboard.

Kemudian login dengan memasukkan alamat email dan password akun. Jika lolos seleksi gelombang, kamu dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun.

Namun jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun kamu.

Seperti diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka kembali lantaran tingginya minat masyarakat. Program Kartu Prakerja dihadirkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan, lantaran terdampak pandemi Covid-19.

Nantinya, para masyarakat yang mendaftar akan mendapat sejumlah insentif yang dapat digunakan untuk mengakses pelatihan. Tercatat ada 1.663 program pelatihan yang disediakan oleh 153 lembaga pelatihan. Bila lolos, peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 triliun untuk program tersebut. Namun, di sisi lain, terdapat pengecualian bagi masyarakat yang sudah mendaftar dan lolos di 2020 untuk tidak dapat kembali mendaftar di 2021.

Waspadai Situs Palsu Kartu Prakerja!

Pendaftar diwajibkan mengakses informasi maupun cara cek lolos Kartu Prakerja gelombang 12 Tahun 2021 ini hanya dari situs resmi.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap situs yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Hal itu diungkapkan manajemen dalam unggahan akun Instagram @prakerja.go.id pada Jumat (26/2/2021).

“Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id (mohon perhatikan situs diakhiri dengan go.id),” ujar manajemen dalam unggahan tersebut.

Bagi peserta Prakerja Gelombang 12, manajemen meminta masyarakat tidak memberikan daftar pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga, nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id,” tegasnya.

Apabila menemukan informasi mencurigakan, manajemen meminta masyarakat untuk segera melaporkan ke Contact Center Kartu Prakerja melalui telepon 0800 150 3001, live chat di www.prakerja.go.id, maupun pada form pengaduan.(ct7/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami