Pendidikan

Pengumuman UMPTKIN 2022 Ini Linknya di pengumuman.um-ptkin.ac.id

CIANJURODAY.COM – Bagi siswa SMA/Sederajat lulusan tiga tahun terakhir 2020, 2021 dan 2022 yang telah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), melalui jalur UMPTKIN kini tengah menanti hasil pengumuman. Lantas pengumuman UM-PTKIN 2022 jam berapa?

Rencananya, pengumuman UM-PTKIN 2022 akan dirilis pada hari ini, Rabu (30/6/2022). Lalu muncul pertanyaan pengumuman UMPTKIN 2022 jam berapa dari para peserta.

UM-PTKIN merupakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang diselenggarakan secara serempak di seluruh Indonesia oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Adapun pola seleksi dengan menggunakan ujian berbasis SEE (Sistem Seleksi Elektronik) yang telah dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai dengan 17 Juni 2022.

Seleksi UMPTKIN ditujukan untuk siswa yang berminat melanjutkan pendidikan kuliahnya di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Peserta yang telah mengikuti ujian ini tentu sudah tidak sabar menanti hasil pengumuman.

Lantas pengumuman hasil UM-PTKIN 2022 jam berapa? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengumuman UM-PTKIN 2022 Jam Berapa?

Hasil pengumuman UMPTKIN 2022 dapat dilihat melalui laman http://um-ptkin.ac.id/ atau di https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ pada 30 Juni 2022 mulai jam 13.00 WIB.
Artinya, peserta yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti ujian UM-PTKIN sudah bisa melihat hasil pengumuman mulai besok siang.

Cara Melihat Pengumuman UMPTKIN 2022

Dikutip dari laman um-ptkin.ac.id, berikut ini cara cek pengumuman UM-PTKIN 2022:

  1. Pertama buka laman http://um-ptkin.ac.id/ atau https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/
  2. Masukkan nomor peserta tes ataupun Username, kemudian masukkan password
  3. Masukkan verify code yang telah tertera
  4. Klik login atau sign in
  5. Setelah berhasil login kemudian akan muncul keterangan tentang kelulusan Anda

Bagi siswa yang dinyatakan lolos dapat mengikuti tahap daftar ulang di PTKIN yang dituju. Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Sementara, jadwal daftar ulang biasanya akan diberikan melalui website atau sosial media PTKIN yang dituju. Oleh karena itu, peserta diminta untuk selalu mengupdate informasi agar tidak ketinggalan.

Adapun kelompok ujian jalur UM-PTKIN 2022 terbagi menjadi 3 diantaranya yaitu :
• Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman)

• Tes Kemampuan Bidang IPA

• Tes Kemampuan Bidang IPS

Sebagai informasi, pendaftaran UM-PTKIN resmi dibuka pada tanggal 25 April sampai 4 Juni 2022. UMPTKIN dilaksanakan secara serentak dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu per siswa.

Nah itu tadi informasi mengenai pengumuman UMPTKIN 2022 jam berapa. Peserta yang telah mengikuti ujian dapat melihat hasil pengumuman mulai besok siang jam 13.00 WIB. Apapun hasilnya, semoga itulah yang terbaik. Sumber: Suara.com

Berita Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami