Today

Pengurus RT/RW di Desa Sindanglaya Ikuti Simulasi Penanganan Bencana

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Pengurus RW, RT, dan perangkat Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur melakukan kesiapsiagaan bencana dan simulasi penanganan bencana, Rabu (22/12/2021).

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia mengatakan, pada kegiatan ini pihaknya mendatangkan narasumber dari berbagai pihak.

Di antaranya BPBD Kabupaten Cianjur, Damkar UPTD 3 UMK Cipanas, PMI Cianjur, dan Koordinator Tagana Cianjur.

Menurutnya, pelatihan ini perlu dilakukan karena berbagai permasalahan di masyarakat banyak sekali, salah satunya bencana yang di luar perkiraan.

Seperti halnya kebakaran, pohon tumbang, banjir, longsor, atau bencana lainnya.

“Maka dari itu tentunya kita sebagai perangkat pemerintah desa harus punya kemampuan untuk menghadapi situasi masalah tersebut di lapangan,” kata dia.

Nyanyang menuturkan, Pemdes Sindanglaya mengadakan pelatihan simulasi supaya para RW, RT, dan perangkat desa mempunyai keterampilan penanganan situasi bencana.

“Memang kita tidak akan mungkin menanggulangi bencana yang besar. Tapi minimal kita harus siap untuk mengatasi hal tersebut di sekitaran lingkungan kita,” ucapnya.

Danru 1 UPTD UMK 3 Damkar Cipanas, Muhammad Dahlan mengatakan, Pemdes Sindanglaya melaksanakan kegiatan pembinaan penguatan SDM terkait kesiapsiagaan kebencanaan yang ada di desa.

“Hari ini kita diundang untuk sosialisasi tentang pencegahan dini bahaya kebakaran baik penanggulangan yang diakibatkan oleh tabung gas, listrik, dan kebakaran lainya,” ujarnya.

Selain menyosialisasikan pencegahan dan penanggulangan, kegiatan ini sekaligus simulasi memadamkan api.

Adapun alat yang digunakan terdiri dari tradisional maupun alat yang biasa digunakan pemadam.

“Tadi kita memberikan pemahaman terhadap masyarakat menggunakan alat tradisional maupun APAR. Atau memakai karung yang dibasahi air dan tanah, itu alat pemadaman selain dari air,” tambahnya.(ren/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks