Today

Penjelasan Pemda Soal Banjir di Alun-alun Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur angkat suara soal banjir yang terjadi di sekitar Alun-alun Cianjur dan Jalan KHR. Muhammad Isa Al-Kholidi, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Selasa (27/08/2019) malam.

Banjir yang berasal dari luapan saluran kali Ciraden ini disebabkan oleh sampah yang menyumbat saluran air.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabag Humas Pemkab Cianjur, Gagan Rusganda. Ia menuturkan terjadi penyumbatan di saluran sisi kanan.

“Berdasarkan informasi dari dinas terkait, penyebab banjir di alun-alun karena terjadinya penyumbatan di saluran sisi kanan gerbang akibat sampah yang terbawa aliran pada drainase,” ujarnya saat diwawancara, Rabu (28/8/2019).

Hal tersebut dibuktikan setelah sampah yang menyumbat saluran tersebut diangkat, aliran air kembali lancar. “Setelah sampah diangkat saluran kembali lancar,” sambungnya.

Gagan mengungkapkan saat ini tengah dilakukan pembersihan oleh dinas terkait serta dibantu masyarakat sekitar. “Saat ini proses pembersihan sedang dilaksanakan oleh dinas terkait dan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga : Kali Meluap, Alun-alun Cianjur Banjir

Terkait adanya proyek yang dikabarkan tengah berlangsung di sekitar lokasi seperti yang diinfoka6n masyarakat sekitar, Gagan belum bisa memberikan konfirmasi lebih lanjut. “Oh, boleh nanti saya konfirmasi kembali,” ucap dia.

Selain itu, Gagan berharap agar pembersihan di lokasi cepat selesai dan alun-alun dapat dibuka kembali. “Semoga secepatnya bisa dibuka kembali.” Pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Diduga banjir ini karena luapan saluran kali Ciraden yang meluap sehingga membanjiri sebuah yayasan dan sebagian Alun-alun Cianjur.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, luapan ini terjadi pada pukul 19.00 WIB. Luapan menyebar ke Yayasan Pendidikan Islam Riyadhul Muttaqin Gedong Asem kemudian mengalir ke wilayah utara Alun-alun Cianjur.

Diduga pula meluapnya saluran kali Ciraden ini disebabkan oleh kelalaian pengelola sebuah proyek yang akan di bangun di sekitar lokasi yang tidak mengantisipasi ujung kali di sekitar proyek tersebut.

Luapan air baru bisa surut sekitar pukul 01.00 dini hari tadi.

Saat ini pihak Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertahan (DPKPP) serta DInas Lingkungan Hidup (DLH) tengah berusaha membersihkan sisa-sia air dan lumpur yang ada di sekitar alun-alun dan yayasan tersebut.(ct1)

Reporter: Afsal Muhammad
Editor : Rizky Fadiah

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button