Today

Penjual Tanaman Hias di Cipanas Menang Banyak

CIANJURTIDAY.COM, Cipanas – Penjual tanaman hias di Cipanas menang banyak. Sebab banyak masyarakat yang bercocok tanam sebagai hobi untuk menghilangkan kejenuhan di tengah pandemi Covid-19. Alhasil, penjualan pun meningkat dari hari ke hari.

Salah satunya Sansan, penjual tanaman hias di Kampung Sukasari, RT 05/RW 15, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Ia mengatakan, penjualan di masa pandemi meningkat hingga 50 persen dari bulan-bulan sebelumnya.

“Penjualan berbagai jenis tanaman hias saat ini mengalami peningkatan sekitar 50 persen. Hal tersebut karena tumbuhnya minat masyarakat untuk bercocok tanam saat mengisi waktu di rumah selama masa pandemi.” ujarnya saat diwawancara Cianjur Today, Jumat (2/10/2020).

Ia mengatakan, usaha tanaman hias ini menjadi alternatif untuk meningkatkan pendapatan atau penghasilan tambahan. Sebab, di masa pandemi Covid-19 ini berimbas pada semua sektor, sehingga menyebabkan sebagian besar orang kehilangan pekerjaan.

“Berkebun dan bercocok tanaman hias ini juga kami dilakukan untuk mengisi waktu selama pandemi Covid-19 sekaligus mepertahankan perekonomian saya,” ujarnya.

Selama pandemi Covid-19, Sansan menekuni usaha tanaman hias di Cipanas. Seperti bunga gantung, aglaonema, sensivera, monstera, dan beraneka jenis tanaman lain. Harganya berkisar puluhan ribu ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah.

“Alhamdulilah kang harga tanaman ini naik hingga 50 persen yang biasanya puluhan ribu menjadi ratusan ribu dan yang ratusan ribu menjadi jutaan rupiah. Saya juga sehari bisa terjual 50 tanaman hias bunga gantung dan tanaman hias lainya dan bisa mengantongi ratusan ribu perhari bahkan jutaan rupiah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selama menjalani bisnis tanaman hias sering mengalami kendala. Misalnya tanaman yang dikirim dari luar kota bisa saja rusak bahkan mati di perjalanan. Perawatan yang harus dilakukan untuk masing-masing tanaman pun berbeda.

“Memelihara tanaman hias saat ini bukan lagi sekedar hobi. Makin banyak penggemar tanaman hias di Indonesia terjun ke bisnis ini. Pasar-pasar tanaman hias tengah mengalami tren peningkatan yang sangat baik di dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya.(ct6/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami