Pendidikan

‘Perangi’ Rentenir, Mahasiswa UNIDA Bentuk LKMS di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Pasirkuda – Sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2019 Fakultas Ekonomi Islam, Universitas Djuanda (UNIDA) menginisiasi pendirian Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) di Desa Padamulya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur Sabtu (24/08/2019).

Para mahasiswa berpikiran, dengan dibentuknya LKMS akan meningkatkan taraf hidup masyarakat umkm melalui pendampingan ekonomi. Kemudian mampu membentuk dan membuka peluang usaha melalui Kelompok usaha, serta menyediakan layanan keuangan bagi umkm.

“Salah tujuan didirikannya LKMS adalah untuk menghilangkan eksploitasi para rentenir, serta mendampingi masyarakat untuk mengembangkan Unit Ekonomi Produktif (UEP) mereka,” ungkap Andi Khiyarullah salah satu Mahasiswa UNIDA.

Baca Juga: Mahasiswa KKNM IKIP Siliwangi Selenggarakan Seminar Kewirausahaan

Lanjut Andi, dengan pendirian LKMS di Desa Padamulya, diharapkan masyarakat yang notabene berprofesi sebagai petani serta pegiat umkm supaya dapat mengakses pembiayaan dan melakukan simpanan.

“Harapan dari Acara ini agar Desa Padamulya dapat segera memiliki LKMS sebagai solusi perekonomian masyarakat” jelasnya.

Kepala Desa Padamulya, Parno mengungkapkan, pembentukan LKMS ini diharapkan bisa berpengaruh terhadap roda perekonomian warga di desanya. Lewat lembaga keuangan itu, dia ingin warganya terlepas dari jeratan rentenir untuk membuka peluang usaha.

“Ini merupakan momen yang bahagia bagi saya karena dengan adanya mahasiswa KKN merupakan penyambungan dari cita-cita kami yang sampai hari ini belum terimplementasikan” kata dia.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai LKMS yang disampaikan oleh mahasiswa, mulai dari pengenalan, pentingnya, tujuan dan target pendirian LKMS.(riz)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker