Tips, Trik, dan Tutorial

Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi

CIANJURTODAY.COM – Perbedaan daging sapi dan daging babi perlu diketahui. Hal ini menyusul terbongkarnya penjualan daging babi yang dicampur daging sapi di Bandung.

Tak tanggung-tanggung 63 ton daging babi disulap jadi daging sapi, telah terjual selama 1 Tahun. Hal ini tentu saja membuat resah para pembeli, terutama dari kalangan umat muslim.

Nah supaya anda tidak salah pilih, berikut perbedaan daging sapi dan daging babi.

1 Daging Babi Lebih Pucat

Perbedaan paling mencolok dari kedua daging ini adalah warna. Pada daging babi segar biasanya berwarna lebih pucat, bahkan hampir menyerupai ayam. Jika berwarna merah tapi tak semerah sapi.

Lalu daging sapi segar akan berwarna merah khas daging sapi. Adapun daging celeng, atau babi hutan akan berwarna merah muda.

2 Serat Daging Babi Lebih Halus

Daging mempunyai serat, daging babi punya serat lebih halus dan renggang. Sedangkan daging sapi akan kasar dan rapat. Lalu daging celeng biasanya agak kasar dari daging babi.

3 Tekstur Daging Babi Sangat Lunak

Daging babi dan celeng biasanya akan memiliki tekstut yang dalam yaitu lunak. Sedangkan daging sapi akan memiliki Tekstur kenyal.

4 Lemak Daging

Untuk lemak daging, daging babi memiliki lemak yang tebal dan lunak. Lemak babi yang tebal tersebut juga mengandung lebih banyak lemak jenuh, sehingga kurang baik untuk kesehatan.

Daging celeng memiliki lemak cenderung tipis. Sedangkan daging sapi memiliki lemak yang tebal dan kasar.

5 Aroma

Setiap daging memiliki aroma khasnya. Daging babi akan berbau amis. Lalu daging celeng berbau amis dan anyir. Sedangkan daging sapi akan beraroma khas daging sapi.

6 Daging Babi yang Dimasak Akan Mirip Ayam

Saat daging babi dimasak, biasanya akan menyerupai daging ayam. Memiliki warna yang pucat dan sedikit kecokelatan. Sedangkan daging sapi akan tetap merah.

Nah itu dia cara membedakan daging sapi dan daging babi. Semoga bermanfaat! (ct2/rez)

Sumber: kumparan

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami