Today

Perbedaan dan Contoh Visi Misi yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan dan contoh visi misi yang harus kamu ketahui. Bagi sebagian besar orang pasti belum begitu hafal dengan perbedaan keduanya karena sering disandingkan. Namun keduanya jelas berbeda mulai dari makna dan kegunaannya.

Cianjur Today akan menhulas mulai dari pengertian, perbedaan, hingga fungsi atau tujuan dari visi dan misi.

Pengertian Visi dan Misi

Visi adalah rangkaian kata yang didalamnya terdapat impian yang harus dicapai, cita-cita termasuk inti dari suatu organisasi. Dapat dikatakan bahwa visi menjadi tujuan suatu organisasi, yang berisi tentang pemikiran para pendiri organisasi. pemikiran itu merupakan gambaran dari masa depan dari organisasi tersebut.

Misi adalah tujuan utama. Maka dapat disimpulkan bahwa misi adalah suatu proses atau tahapan yang dapat dilalui oleh suatu lembaga atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau organisasi yang berada di masyarakat.

Apa perbedaan visi dan misi? Keduanya jelas berbeda, hal tersebut bisa dilihat dari segi bentuknya. Visi merupakan bentuk suatu rancangan tentang masa depan, mau jadi apa nanti perusahaan, atau organisasi. Menentukan visi berarti juga menentukan cita-cita yang ingin diwujudkan.

Sedangkan misi adalah apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai visinya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi misi ialah langkah, proses, atau strategi apa untuk mencapai visi tersebut.

Intinya dapat disimpulkan bahwa visi adalah gambaran dan tujuan suatu lembaga atau perusahaan di masa depan. Sedangkan misi adalah cara untuk mencapai tujuan itu. Terkadang misi perlu dirubah sedemikian rupa jika visi belum juga terwujud.

Fungsi Visi dan Misi

Visi dan misi tentunya tidak sebarang dibuat, kehadirannya dalam suatu organisasi atau ikatan kelompok lainnya memiliki fungsi. Dengan perbedaan yang jelas nampak, visi dan misi memiliki tujuan atau fungsi baik secara internal atau pun eksternal.

• Fungsi Internal

1) Membimbing pemikiran menajemen pada isu-isu strategis, terutama pada saat perubahan signifikan hingga antuan menentukan standar kinerja
2) Menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan umum tujuan
3) Panduan pengambilan keputusan karyawan
4) Membantu membentuk kerangka kerja untuk perilaku etis

• Fungsi Eksternal

1) Mintalah dukungan eksternal.
2) Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok dan mitra aliansi.
3) Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat

Contoh Visi dan Misi

Untuk memahami secara lengkap dan lebih jelas kamu bisa melihat dari contoh berikut. Contoh visi misi berikut merupakan visi misi SMAN 1 Cianjur.

• VISI  
Unggul dalam Prestasi, Terampil, Mandiri, Berwawasan ke Depan yang  Berkearifan Lokal Berlandaskan Iman dan Taqwa.

• MISI 
1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan mewujudkan akhlaqul karimah dalam berbagai aktivitas
2) Meningkatkan prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik
3) Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbahasa, sains dan teknologi
4) Meningkatkan kemandirian peserta didik
5) Meningkatkan wawasan global peserta didik dalam bingkai kearifan lokal

Nah itulah pembahasan mengenai visi dan misi pada artikel kali ini. Mulai dari perbedaan hingga contoh visi dan misi, yang tentunya harus kamu ketahui agar tidak keliru lagi.(ct4/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button