Gaya Hidup

Perbedaan Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra Berikut Penjelasannya

CIANJURTODAY.COM – Percaya pada hari kiamat termasuk rukun Iman yang kelima, yakni iman kepada hari akhir kiamat. Pada perkembangannya kiamat terdiri dari kiamat sugra dan kiamat kubra. Lalu, apa perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubra yang sebenarnya.

Kiamat Sugra atau kiamat kecil dapat terlihat dari waktu berakhirnya masa kehidupan dari sebagian makhluk di dunia. Kiamat sugra ini  manusia pada umumnya tidak menyadari kehadiran peristiwa tersebut salah satunya munculnya  banyak pembunuhan, bencana alam.

Perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubra  yang lain penting ketahui terletak dari besar atau tidaknya  kejadian tersebut dan berdampak langsung pada masyarakat. 

Tanda dari kiamat kubra dimulai dengan tiupan terompet sangkakala malaikat Israil diiiringi hancurnya alam semesta dan isinya. Tanda lain dari kiamat kubra,adalah matahari terbit dari arah barat hingga munculnya Imam Mahdi.

Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra Termasuk Rukun Iman dalam Islam

Sebelum mengetahui perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubra  perlu mengenali terlebih dahulu, karena keduanya Kiamat Sugra karena termasuk ke dalam rukun iman yang setiap Muslim wajib mempercayai akan datangnya hari akhir. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Hajj ayat 7.

Artinya: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS Al Hajj: 7).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa hari kiamat pasti akan datang dan tidak ada keraguan lagi tentang adanya hari kiamat. Kapan waktunya yang tepat hanya Allah SWT yang mengetahui.

Pada hari kiamat itu Allah SWT akan membangkitkan semua orang telah dikubur sesuai amal yang telah  dilakukan selama hidup di dunia. Diketahui, kiamat terdiri dua bagian, yakni kiamat sugra dan kiamat kubra dan apa perbedaan antara keduanya berikut penjelasannya.

Kiamat Sugra

Seperti dijelaskan sebelumnya kiamat sugra atau dikenal dengan nama kiamat kecil yang merupakan akhir masa kehidupan manusia di dunia baik secara individu maupun kelompok.

Beberapa contoh tanda-tanda kiamat sugra atau kiamat kecil, antara lain bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi,  kebiasaan miinum khamr makin meningkat hingga munculnya anak-anak lahir diluar nikah.

Kiamat Kubra

Di samping itu,juga ada yang dinamakan kiamat kubra atau kiamat besar yang dimulai ditiupkan terompet sangkakala oleh malaika israil.Ketika terompet dibunyikan maka alam semesta akan hancur beserta isinya.

Kejadian-kejadian yang terjadi saat kiamat kubra begitu besar terlebih dahulu ditandai beberapa peristiwa yang datangnya jauh sebelum kiamat kubra datang’ 

Salah satu tanda kiamat kubra, antara lain terbelahnya bulan ini pula menjadi perbedaan dengan kiamatsugra. Kemudian adanya tiupan terompet sangkakala yang dibunyikan malaikat Israil semua makhluk di bumi hancur kecuali yang dikehendaki oleh Allah SWTT.

Tanda kiamat kubra datang ditandai dengan munculnya dajjal, yang merupakan sosok makhluk sering mendusta dan mengaku sebagai Tuhan. Selain itu,akan muncul Ya’juj dan Ma’jud pertanda  kiamat kubra akan datang.

Hal menarik dari tanda kiamat kubro penting dipahami,adalah terbitnya matahari dari arah barat.Selain itu,juga muncul melimpahnya harta benda yang dimiliki manusia.

Lebih mengerikan lagi sebagai tanda kiamat kubra segera datang munculnya peristiwa keluarnya api dari dasar bumi. Hal ini pula menjadi perbedaan antara kiamat sugra dan kubra. 

Kemudian dengan pemahaman perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubra tersebut. Manusia lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT beribadah dan melakukan amal kebajikan sebagai bekal di akhirat kelak.

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami