Today

Pernah Terjadi 10 Tahun Lalu, Pergeseran Tanah Kembali Terjang Desa Cihea

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Pergeseran tanah kembali menerjang Kampung Cibuntu, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan informasi, peristiwa ini terjadi sekitar Kamis (24/6/2021). Pergeseran tanah puluhan meter dengan retakan 3-7 cm di RT 01/RW 10.

Kejadian tersebut membuat warga waswas karena sebelumnya pernah terjadi bencana serupa pada 10 tahun lalu. Saat itu pergeseran tanah cukup jauh dan retakannya cukup lebar, hingga banyak warga yang dievakuasi.

Ketua Retana Kecamatan Haurwangi, Nasrul Fariz (38) menjelaskan, beberapa hari yang lalu setelah wilayah Haurwangi diguyur hujan, banyak warga melapor ke Kantor Desa Cihea.

“Warga melaporkan bahwa di Kampung Cibuntu terjadi pergeseran tanah. Setelah dilihat ternyata benar adanya bahwa di lokasi tersebut ada pergeseran,” tuturnya kepada Cianjur Today, Sabtu (26/6/2021).

Fariz menambahkan, pihaknya langsung melapor pada aparatur Kecamatan Haurwangi dan BPBD Kabupaten Cianjur mengenai pergeseran tanah di Desa Cihea.

“Hanya selang 2 jam pihak BPDB langsung datang mengobrol situasi kondisi pergeseran tanah,” tambahnya.

Kepala Desa Cihea, Supriatna (63) menambahkan, untuk saat ini warga belum dievakuasi atau diungsikan, berbeda dengan bencana serupa pada 10 tahun lalu.

“Untuk pergeseran tanah kali ini menurut pihak BPBD Kabupaten Cianjur masih bisa diatasi dan warga setempat jangan dulu dievakuasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, sementara ini parit saluran air dibersihkan supaya tidak ada air tersumbat apalagi saat turun hujan.

“Biarpun seperti itu tetap saja seluruh warga Kampung Cibuntu harus waspada, khususnya saat hujan turun lebat,” pungkasnya.(asi/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button