Today

Pertalite dan Premium Akan Dihapus? Seperti Ini Penjelasan Pemerintah

CIANJURTODAY.COM – Pertalite dan Premium dikabarkan akan dihapus. Pemerintah mengklaim ingin memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ramah lingkungan RON tinggi.

Sebagai informasi RON Pertalite adalah 90, sedangkan Premuim 88. Dari hal itulah, pemerintah menyusun roadmap BBM yang ramah lingkungan. Yaitu menggantikan Pertalite dengan BBM dengan kualitas lebih baik.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Soerjaningsih dalam keterangannya Kamis (23/12/2021) mengatakan, dengan roadmap ini ada tata waktu untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan.

“Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” ujarnya seperti diberitakan Suara.com.

Ia menjelaskan, proses shifting Pertalite ke Pertamax sudah masuk dalam bahasan berbagai pihak. Hal ini untuk tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Sehingga, kita juga mencermati volume Pertalite yang harus disediakan untuk masyarakat,” tambahnya.

Kata dia, Indonesia saat ini memasuki masa transisi dari BBM dengan RON rendah, menjadi yang ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi di mana Premium (RON 88) akan digantikan dengan Pertalite (RON 90). Sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” tambahnya.

Soerja menuturkan, Premium RON 88 saat ini digunakan di tujuh negara saja. Volumenya pun sangat kecil.

Hal ini karena kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM yang berkualitas lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.(*/bbs)

Baca sumber asli: BBM Jenis Premium dan Pertalite Bakal Dihapus, Ini Alasan Pemerintah

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button