Today

Pertama di Indonesia, Panen Bunga Krisan Dataran Rendah di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Karangtengah – Kabupaten Cianjur menjadi daerah pertama panen bunga krisan dataran rendah di Indonesia. Panen berlangsung di Kampung Tipar, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, pada Selasa (12/11/2019).

Biasanya bunga krisan tumbuh di dataran tinggi. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Hortikultura, Hardiyanto mengatakan, pihaknya akan mendukung mengenai budidaya bunga Krisan tersebut.

“Kami dari Litbang bersama teman-teman peneliti akan men-support itu. Tapi, yang terpenting adalah peran dari pemerintah daerah untuk membuat program mengenai budi daya Krisan di dataran rendah khususnya,” tuturnya kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).

Hardiyanto mengatakan, panen bunga Krisan di dataran rendah ini merupakan yang pertama kali. Selain itu, ia pun menuturkan bahwa kualitasnya tidak kalah dengan yang di dataran tinggi.

“Ini yang pertama kali, jadi ini menjadi embrionya Alhamdulillah dan akan dikembangkan. Kualitasnya juga tidak kalah dengan yang di dataran tinggi. Tidak ada hamanya juga, bersih,” ungkapnya.

Ia mengatakan inovasi tersebut tidak hanya akan dibuat wisata edukasi. Namun bunga krisan dataran rendah itu akan dikomersilkan secara bisnis.

“Pasti akan dikomersilkan, makanya kita undang Plt Bupati beserta para pelaku bisnis itu untuk mendongkrak bisnis di Indonesia juga,” ucap dia.

Bahkan, lanjut Hardiyanto, hal ini harus bisa diekspor. Setidaknya 35 persen bibit merupakan berawal dari Kementrian Pertanian.

“Sekitar 35 persen bibit berasal dari Kementrian Pertanian. Ke depannya memang harus sudah bisa ekspor,” tandasnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami