Olahraga

Pertandingan Sepak Bola Indonesia vs Malaysia Ricuh

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Pertandingan pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia antara timnas Indonesia vs Malaysia diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019) malam. Pertandingan ini disertai kericuhan yang dilakukan oleh sekelompok oknum suporter.

Bahkan, pertandingan tersebut sempat dihentikan sementara waktu oleh wasit pada menit ke-72 karena tribun penonton yang ricuh. Terlihat sekelompok oknum suporter timnas Indonesia tengah menyerang suporter timnas Malaysia yang berada di sektor tribun suporter tim tamu.

Sampai saat ini, belum diketahui apa yang menjadi pemicu oknum suporter tuan rumah tersebut melakukan serangan terhadap suporter Malaysia.

Selain itu, sebelumnya terdapat pelemparan bom asap, botol-botol, serta berbagai benda lainnya yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Akhirnya, Suporter Malaysia pun terdesak di tribun dan beberapa suporter dijaga untuk keluar stadion karena situasi yang tidak kondusif.

Bahkan, terdapat juga satu orang suporter timnas Malaysia yang ditandu karena tidak sadarkan diri akibat insiden pelemparan ini.

Setelah beberapa menit pertandingan terhenti, akhirnya pertandingan kembali dilanjutkan pada sekitar menit ke-80. Untuk mengantisipasi, suporter Malaysia mendapatkan pengawalan ketat dari satuan polisi dan TNI di tribun.

Setelah peluit panjang ditiupkan, sebagian besar suporter timas Indonesia ke luar dari stadion. Namun, ternayata mereka malah memindahkan kericuhan dari dalam stadion ke luar stadion.

Akhirnya, terjadilah bentrok antara polisi dan suporter di area ring road SUGBK, tepatnya di depan pintu VIP. Suporter dapat dipaksa menjauhi stadion, namun hanya beberapa sata. Para suporter itu pun kembali mendekati SUGBK dan membawa batu lalu dilemparkan ke arah petugas keamanan.

Untuk mengamankan situasi, petugas keamanan yang merupakan pasukan gabungan Brimob dan TNI, melepaskan tembakan gas air mata ke arah para suporter tersebut.(ct1/bbs)

Penulis: Afsal Muhammad
Sumber: Detiksport.com dan Kompas.com

Foto: @bocoranmaster

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button