Today

Perumdam Distribusikan Bantuan Air untuk Korban Bencana di Cianjur Selatan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur distribusikan dua tangki air ke Cianjur selatan yang mengalami bencana banjir dan longsor. Sebab, sebagian besar korban mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Direktur Teknik Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Syamsul Hadi, mengatakan, usai subuh pihaknya sudah meluncurkan dua armada tangki ke Cianjur Selatan. Pada pukul 11.00 WIB, dilaporkan telah mengisi air di wilayah Sindangbarang.

“Karena kalau bawa dari sini kan berat, perjalanan bisa terhambat,” kata dia saat ditemui Cianjur Today di Kantor Perumdam Tirtamukti Cianjur, Rabu (07/10/2020).

Sementara ini, air yang sudah dikirim akan dicadangkan untuk tiga hari tergantung situasi. Apabila memang kebutuhan air bersih diperlukan lama, dapat berlanjut. Selain itu, melalui kantor Cabang Tanggeung akan memberikan bantuan 100 dus air mineral untuk korban longsor dan banjir Cianjur Selatan.

“Dan sekarang bagian umum sedang mengumpulkan pakaian-pakaian layak pakai, makanan ringan, dan instan yang sedang ditunggu sampai sore ini bisa berkumpul. Rencananya besok bersama BUMD lain di bawah kordinasi bagian perekonomian akan dikirimkan ke sana,” jelas dia.

Penyaluran bantuan air dalam kemasan.

Dikumpulkan Tiga BUMD

Namun, teknis penyaluran bantuan pakaian layak pakai dan makanan instan dan ringan, dikoordinasi bagian perekonomian melalui BUMD. Ia menyebut, bantuan dikumpulkan dari tiga BUMD setelah berkumpul akan diberangkatkan.

“Kemungkinan karena ada dua lokasi bisa saja dibagi dua. Itu pun tergantung arahan dari posko BPBD diarahkannya ke mana. Apakah akan dibagi dua atau bagaimana itu BPBD yang mengatur,” kata dia.

Air bersih baru bisa didistribusikan ke korban longsor dan banjir Cianjur selatan hari ini karena di wilayah lain masih ada yang memerlukan. Pengisian air untuk Cianjur selatan akan dicari pelayanan yang lebih dekat.

“Misal di Sindangbarang atau di mana yang terdekat ke lokasi yang membutuhkan air bersih. Karena pengolahan kami yang di selatan hanya di Cidaun, Sindangbarang, dan Kadupandak,” jelas dia.

Pada prinsipnya, kata Syamsul, ketika terjadi bencana atau apapun yang memerlukan air bersih melalui tangki, Perumdam siap membantu. Ia pun berharap Cianjur tidak lagi mengalami bencana.

“Dan Pemerintah Daerah pun bisa mengantisipasi agar bencana-bencana ini bisa diantisipasi dan dijadikan pembelajaran, agar ke depannya tidak terjadi lagi hal-hal seperti itu.” tutupnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button