Today

Perumdam Tirtamukti Cianjur Mulai Pasang Saluran Air Gratis

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Masyarakat berkemampuan rendah (MBR) di beberapa kecamatan di Cianjur mulai mendapatkan pemasangan air gratis dari Perumdam Tirtamukti Cianjur. Dari 2.500 yang diusulkan, hanya 2.340 yang memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi konsultan.

Direktur Teknis Perumdam Tirtamukti Cianjur, Syamsul Hadi mengatakan, pemasangan sambungan air gratis sudah berjalan beberapa tahun yang lalu. Diketahui pemasangan tahun ini merupakan kedua kalinya.

“Ketika saya mengisi posisi di Dirtek ini ke dua kalinya pemasangan gratis. Cuman kita mengusulkan ke pusat untuk masuk ke masyarakat berkemampuan rendah (MBR), tujuannya untuk membantu masyarakat berkemampuan rendah,” tuturnya saat ditemui Cianjur Today, Rabu (16/09/2020).

Berbeda dari Perumdam lainnya, lanjutnya, di Kabupaten Cianjur digratiskan untuk membantu akses air supaya masyarakat lebih mudah menjangkau dan memenuhu kebutuhan air bersih.

“Tahun ini kami mendaftarkan dari 2.500 yang diusullkan berdasarkan hasil verifikasi konsultasn itu hanya 2340. Ada beberapa yang tidak memenuhi syarat. Karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk masuk ke kategori masyarakat berkemampuan rendah dan berhak mendapatkan bantuan,” ungkap dia.

Keputusan akhir bukan di Perumdam Tirtamukti Cianjur. Sebab, Perumdam hanya mengusulkan dari cabang-cabang yang ditampung. Kemudian diusulkan. Lalu, konsultan turun dan ternyata hasil verifikasi dari konsultan tidak lolos semua, ada beberapa yang tidak memenuhi syarat.

“Karena ada beberapa yang syaratnya itu salah satunya listriknya itu kalau tidak 450 hanya 900. Terus dilihat juga kondisi urmah seperti apa, ada wawancara dari konsultan, pendapatan kepala rumah tangganya berapa,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini untuk pelaksanaan pemasangannya sedang dilaksanakan. Ia pun berharap masyarakat bisa dengan pemasangan ini. Ia menyebut, targetnya pemasangan bisa selesai di akhir September 2020.

“Saat ini sedang running di Bojongpicung, Haurwangi, Sukaluyu karena titik berat kita ada di sana.” tukasnya.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close