Today

Pickleball Takokak Bercita-cita Tampil di Kejurda hingga Kejurnas

CIANJURTODAY.COM, Takokak – Cabang olahraga (cabor) Pickleball Kecamatan Takokak bercita-cita tampil di Kejuaran Daerah (Kejurda) hingga Kejuaraan Nasional (Kejurnas)

Meskipun tergolong cabor yang baru, namun saat ini sudah ada puluhan anggota atau atlet dari berbagai kalangan yang bergabung.

Berbagai kegiatan pun terus dilakukan, termasuk latihan rutin sebagai persiapan bilamana ada kompetisi atau kejuaraan dan mengasah keterampilan.

“Harapan cabor pickleball di Takokak mau lebih maju dan berkembang, khususnya dan di Cianjur dan umumnya di tingkat nasional. Tim pickleball Takokak punya cita-cita ingin ikut Kejurda dan Kejurnas,” kata pengurus Pickleball Takokak, A. Akhmad Muztaba, Kamis (13/1/2022).

Pria yang kerap disapa Asep Taba ini menuturkan, latihan rutin dilakukan dalam seminggu dua kali tepatnya Rabu dan Sabtu di GOR Desa Pasawahan.

Selain itu, latihan juga kadang berlangsung di GOR Karya Bakti juga di luar ruangan seperti lapang SMA PGRI Takokak

“Anggotanya 20 orang, usia peserta 16 dan 17 tahun yang merupakan siswa SMA PGRI Takokak juga ada anggota PGRI Takokak,” tambahnya.

Asep Taba yang juga alumni Sekolah Guru Olahraga (SGO) Cianjur ini menuturkan, pihaknya berencana membuka latihan pickleball untuk siswa SD dan SMP.

Hal ini juga sebagai salah satu cara mengenalkan olahraga baru kepada masyarakat. Belum lama ini, timnya mengadakan pertandingan persahabatan dengan kota lain.

“Alhamdulillah kemarin waktu mengadakan pertandingan persahabatan dengan tim dari Kota Bandung anak didik saya dilirik sama pelatih dari Kota Bandung,” paparnya.

Pickleball Sudah Masuk Takokak

Untuk diketahui, pickleball merupakan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat dan telah berkembang pesat di sejumlah negara Eropa. Namun di Asia, saat ini masih belum banyak berkembang.

Olahraga ini menggabungkan unsur pingpong, tenis, dan bulu tangkis, yang dapat dimainkan di lapangan indoor atau outdoor.

Di Indonesia, pickleball telah diperkenalkan oleh Jeff Van Der Hulst yang merupakan ambassador International Federation Pickleball (IFP).

Ia datang ke Fakutas Ilmu Keolahragaan (FIO), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tanggal 14 April 2019 lalu.

Pickleball mulai masuk Kecamatan Takokak pada bulan November 2021 setelah Pengurus Cabang (Pengcab) Kabupaten Cianjur sosialisasi di Kecamatan Takokak.(*)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button