Today

Pilkades Cianjur 2020: Ratusan Bakal Calon Ikuti Tes Akademik

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Cianjur 2020, ratusan bakal calon (balon) kades mengikuti tes tertulis akademik di Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Minggu (19/1/2020). Tes ini dilakukan untuk desa yang jumlah bakal calon lebih dari lima.

Ada sebanyak 248 desa yang akan melaksanakan Pilkades Cianjur 2020. 69 di antaranya, jumlah calon lebih dari lima orang. Dalam tes tersebut diperkirakan ada 507 balon yang hadir. Mereka akan berusaha yang terbaik untuk menjadi calon kades.

Pelaksanaan tes berlangsung di dalam ruangan. Ada 15 soal yang harus dijawab oleh para peserta dan tidak boleh dibawa keluar ruangan. Nantinya hasil adminintrasi akan digabungkan dengan hasil tes tertulis. Panitia Pilkades pun harus bisa mengkalkulasikan nilai dari tes admin dan tes akademik.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, berpesan agar peserta jaga kondusifitas pelaksanaan tes akademis sampai pada waktu pemilihan Kepala Desa. Pemerintah Kabupaten Cianjur bekerjasama dengan Unsur bertanggung jawab sepenuhnya dalam pelaksanaan tes akademis sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Saya menjamin ini ruang demokrasi bagi bakal calon kepala desa yang sedang melaksanakan tahapan yang diikuti sampai jelang pemilihan,” paparnya dikutip dari Humas Cianjur.

Herman mengimbau masyarakat untuk tingkatkan partisipasi dalam pilkades pada 23 Februari 2020 nanti. “Gunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani juga keinginan,” ujarnya.

Diikuti Dua Desa di Bojongpicung

Di sisi lain, 16 balon kades di Bojongpicung mengikuti tes akademik. Mereka berasal dari Desa Cikondang dan Desa Sukajaya. Panitia sebelumnya melakukan seleksi administrasi di aula desa masing-masing sebelum tes akademik.

Camat Bojongpicung, Jejen Mutakin, menjelaskan, di Kecamatan Bojongpicung ada 10 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades 2020. Namun jumlah balon yang lebih dari lima orang hanya Desa Cikondang dan Desa Sukajaya, dengan masing-masing delapan balon kades.

“Semoga pelaksanaan Pilkades serentak nanti terlaksana dengan tertib aman dan lancar,” kata Jejen seraya berharap.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Cikondang, Andiana, menjelaskan, para balon kades di sana memiliki latar belakang pendidikan yang bervariasi. Mereka merupakan putra daerah yang mumpuni dan memiliki dedikasi yang tinggi.

Ia pun mengajak masyarakat menyukseskan Pilkades dengan tertib dan aman. “Mari kita wujudkan Pilkades Cikondang dengan tertib, aman, dan lancar, hingga ke depannya Cikondang memiliki pemimpin desa yang mumpuni dan mampu menyejahtrakan masyarakatnya” tuturnya.(yan/ct5/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker