Today

Pjs Bupati Dipanggil Polres Cianjur Soal Dugaan Pelanggaran Protokol Kesehatan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat dipanggil Polres Cianjur, Senin (30/11/2020) untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan saat aksi buruh di depan Pendopo Cianjur, beberapa waktu lalu.

Selain Pjs Bupati Cianjur, Polres Cianjur pun memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Cianjur, Cecep Alamsyah, dan 10 pejabat lainnya yang diduga bertanggungjawab atas terjadinya aksi ribuan buruh yang menuntut kenaikan UMK Cianjur 2021 tersebut.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai, mengatakan, pemanggilan tesebut sekaligus pemeriksaan terhadap para pejabat tersebut dilakukan secara bertahap dimulai sejak beberapa hari lalu.

“Total 12 orang yang dipanggil, mulai dari gugus tugas hingga Sekda. Hari ini pun Pjs Bupati Cianjur kita panggil dan melakukan pemeriksaan,” ujar Rifai kepada Cianjur Today di Mapolres Cianjur, Senin (30/11/2020).

Rifai mengatakan, pemeriksaan hanya membahas seputar penerapan protokol kesehatan dan meminta penjelasan sampai terjadinya aksi dengan menimbulkan kerumunan ribuan orang.

Ia menjelaskan, akan ada beberapa orang lagi yang kemungkinan turut dipanggil untuk dimintai keterangan. “Kemungkinan ada lagi yang kita periksa, termasuk dari pihak buruh,” kata dia.

Walaupun mengarah pada tindak pidana karena diduga adanya pelanggaran protokol kesehatan, Rifai menilai, belum ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

“Masih sebatas dimintai keterangan saja, belum ada yang ditetapkan tersangka. Proses masih penyelidikan. Jika berlanjut ke penyidikan, nanti ada yang ditetapkan sebagai tersangka,” jelasnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat, mengatakan selama proses pemeriksaan ia dimintai keterangan soal aturan protokol kesehatan dan upaya Pemkab Cianjur dalam mencegah aksi buruh.

“Tadi dimintai keterangan saja, tapi cukup lama. Sekitar 7 jam. Saya terangkan seperti apa, dan upaya pemkab untuk mencegah terjadinya aksi sudah sejauh mana,” katanya.

Ia menegaskan, sebelum aksi terjadi, pemkab mengeluarkan larangan karena berpotensi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Yang jelas sejak awal sudah ada upaya, termasuk kami audiensi dengan buruh sehari sebelumnya,” tandasnya.

Diketahui, Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat telah berada di Mapolres Cianjur, sejak pukul 08.30 WIB dan selesai diperiksa penyidik Satreskrim Polres Cianjur sekitar pukul 16.30 WIB dan langsung meninggalkan Mapolres Cianjur.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker