Today

PLN Beri Gratis Listrik Februari- Maret 2021, Begini Cara Mengklaimnya!

CIANJURTODAY.COM – PT PLN resmi memperpanjang program subsidi listrik gratis dan memberikan diskon 50 persen hingga Maret 2021 dan kamu harus tahu cara dapatnya. Dimulai dari Senin, (1/2/2021) mendatang, masyarakat sudah bisa mendapatkan token listrik gratis dengan cara mengklaim.

Keringanan biaya listrik tersebut masih diberikan untuk pengguna listrik 450 VA dan 900 VA prabayar serta industri kecil. Ada perubahan dari cara klaim token listrik gratis dari PLN pada bulan berikutnya di 2021.

Biasanya, klaim token listrik gratis dari PLN bisa lewat tiga cara yaitu lewat situs resmi PLN, WhatsApp resmi PLN, dan aplikasi PLN Mobile. Namun, kali ini klaim token listrik gratis dari PLN hanya bisa dilakukan melalui situs resmi PLN dan aplikasi PLN Mobile saja.

Cara Dapat Listrik Gratis

Berikut ini cara mendapatkan token listrik gratis PLN atau diskon 50 persen lewat login stimulus.pln.co.id dan aplikasi PLN Mobile:

Lewat stimulus.pln.co.id

  1. Buka website resmi PLN di stimulus.pln.co.id
  2. Klik Stimulus Covid-19 (Token gratis/diskon)
  3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter pada kolom pencarian.
  4. Masukkan kode Captcha lalu klik cari.
  5. Token listrik gratis atau diskon 50 persen akan tampil pada kolom keterangan.
  6. Token listrik gratis atau diskon 50 persen berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Lewat Aplikasi PLN Mobile

  1. Download aplikasi PLN Mobile via Google Play Store dan App Store
  2. Log-in dengan akun Google atau e-mail
  3. Setelah muncul beranda yang memuat informasi nama dan nomor ID pelanggan, klik banner PLN Peduli Covid-19 di bawah Info & Promo
  4. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter, lalu klik Kirim Setelah itu, akan muncul token gratis dari PLN.
  5. Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai ID pelanggan.
  6. Kini, token listrik gratis dari PLN sudah dapat digunakan.

Alasan Klaim Token Listrik Gratis via WA Dihapus

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, PLN akan menghentikan penyaluran token listrik gratis melalui WhatsApp pada periode klaim bulan selanjutnya. Bob Saril menjelaskan, keputusan perusahaan meniadakan klaim token listrik gratis dari PLN lewat WhatsApp.

Beberapa waktu lalu, perusahaan pelat merah itu telah meluncurkan versi terbaru dari PLN Mobile. Bob mengklaim, dengan aplikasi tersebut pelanggan rumah tangga penerima bantuan akan lebih mudah mengakses token gratis.

Menurutnya, dengan menggunakan PLN Mobile, pelanggan juga dapat menikmati fitur-fitur lain seperti penyampaian keluhan hingga pemantauan konsumsi listirk. Selain melalui aplikasi tersebut, pelanggan penerima bantuan juga bisa mengklaim token gratis melalui website resmi PLN yaitu, www.pln.co.id dan menghubungi contact center perseroan.

Bagi pelanggan yang tidak memiliki akses internet atau telepon, PLN juga masih akan bekerjasama dengan kepala daerah dan perangkat desa setempat untuk menyiapkan detail data token gratis.

Cara Cek Kode Rekening Listrik

Perlu diketahui, hanya pelanggan listrik berkapasitas 450 VA dan 900 VA bersubsidi yang mendapat keringanan tersebut. Artinya, pelanggan listrik 900 VA yang tidak bersubsidi jelas tidak akan mendapat token gratis atau diskon 50 persen.

Cara mengecek apakah Anda termasuk dalam bagian pengguna listrik 450 VA dan 900 VA bersubsidi juga sangat mudah. Bagi pelanggan listrik 900 VA yang memiliki kode ‘M’ pada nomor struk tagihan artinya bukan golongan subsidi, sebab M pada kode R1M artinya mampu.

Berikut cara membedakan pelanggan subsidi dan non-subsidi dikutip dari akun Instagram PLN :

  1. R1/900VA Subsidi
  • Cek struk pembayaran sebelumnya.
  • Lihat pada kolom Tarif/Daya.
  • Jika tertera R1, maka Anda berhak mendapat keringanan.
  1. R1M/900VA Non Subsidi
  • Cek struk pembayaran sebelumnya.
  • Lihat pada kolom Tarif/Daya.
  • Jika tertera R1M, maka Anda tidak berhak mendapat keringanan.

(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button