CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN UP3 Cianjur bersinergi memberikan bantuan penyambungan listrik ke enam madrasah di Kecamatan Cianjur, Mande, dan Sukanagara. Hal itu sebagai bentuk komitmen PLN UP3 Cianjur menerangi wilayah Kabupaten Cianjur dan kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Bukan hanya itu, penyambungan listrik ke enam madrasah itu menanggapi adanya informasi dari Kantor Wilayah Kemenag Jabar dan pemerintah kabupaten/kota di Jabar. Ada 2.522 madrasah di Jabar yang belum teraliri listrik.

Yayasan Baitul Mal PLN yang merupakan badan penerima zakat, infaq, sodaqoh dari pendapatan karyawan PLN setiap bulan berinisiatif memberikan bantuan penyambungan listrik ke madrasah. Bantuan diharapkan membantu keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di madrasah-madrasah.

“Sebelumnya, saat mengetahui ada madrasah yang belum teraliri listrik, Petugas PLN langsung mendatangi kantor Kementerian Agama dan melakukan survey sampling ke 146 madrasah.

Dari hasil sampling, diketahui bahwa madrasah tersebut belum terlistriki karena berbagai faktor seperti bangunan madrasah masih baru,” kata Humas PLN UP3 Cianjur, Virghea Krismanda.

Akibat kondisi tersebut, madrasah belum ada instalasi listriknya dan tidak memiliki meter sendiri. Dampaknya, menumpang ke listrik tetangga (levering), jauh dari jaringan, dan sebagainya.

“Menindaklanjuti hal tersebut, PLN UID Jawa Barat memberikan bantuan kepada 33 madrasah yang telah siap untuk dilaksanakan penyambungan listriknya. Enam madrasah terdapat di wilayah Cianjur,” tandasnya.(*)