Today

Plt Bupati Cianjur Tinjau Lokasi Pergerakan Tanah di Sukaresmi

CIANJURTODAY.COM, Sukaresmi – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, meninjau lokasi pergerakan tanah di Kampung Cibadak RT 02/RW 08, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, Jumat (10/01/2020). Dalam kesempatan tersebut Herman didampingi pejabat pemkab dan Muspika Sukaresmi.

Herman mengatakan, semenjak dibentuknya Relawan Tangguh Bencana (Retana), pemerintah merasa sedikit lega. Sebab, kehadiran Retana bisa menjadi motor penggerak awal dalam mengantisipasi bencana.

“Justru yang kami inginkan adalah mencegah bencana, jangan menangani bencana. Sehingga biaya tidak terlalu mahal, dan korban pun tidak ada,” kata Herman kepada wartawan, Jumat (10/1/2020).

Terkait pergerakan tanah di Sukaresmi, pemerintah telah melakukan upaya evakuasi sejak dini bersama dinas terkait di lokasi kejadian. Diharapkan tidak terjadi longsor.

“Kami pun akan melakukan upaya penanaman pohon, dan sebagainya nanti setelah dilakukan pengeringan lahan,” tuturnua.

Terkait relokasi warga terdampak pergerakan tanah, pemerintah akan mengkaji. Berdasarkan pantauan dari pemerintah setempat pun, kondisi lahan yang berpotensi longsor masih relatif aman.

“Kita antisipasi saja. Pokoknya mudah-mudahan tidak terjadi bencana,” ujarnya.

Camat Sukaresmi, Firman Edi, menjelaskan upaya antisipasi awal dengan memonitoring kaitan pergerakan tanah terus disiagakan. Hal itu seiring adanya kerja bareng TNI, Polri, BPBD, tim Retana, serta masyarakat.

Tercatat sebanyak 47 rumah terancam. Rumah itu dihuni dari 51 keluarga yang terdiri 181 jiwa.(ct6)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker