Today

PMI Cianjur Gelar PSP di Pengungsian Bencana Longsor Cibeber

CIANJURTODAY.COM, Cibeber – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Pshycososial Suport Program (PSP) di lokasi pengungsian korban bencana longsor Kecamatan Cibeber.

Sekretaris PMI Kabupaten Cianjur, Hery Hidayat mengatakan, upaya tersebut untuk memulihkan semangat para pengungsi akibat longsor di Desa Cibokor Kecamatan Cibeber yang terjadi pada tanggal 3 Juni 2021 lalu.

“Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial individu maupun masyarakat terutama anak-anak,” ujarnya.

Hery mengatakan, Pshycososial Suport Program (PSP) ini dilakukan agar masyarakat tetap semangat dalam situasi bencana.

“Selain menghibur juga memberikan berbagai permainan untuk memulihkan semangat anak-anak dalam menghadapi bencana yang terjadi,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan tiga hari sekali. Rencananya akan selesai sampai kegiatan tanggap darurat dinyatakan berakhir oleh BPBD.

“Sebelum pihak BPBD menyatakan kegiatan tersebut berakhir, kita PMI terus melakukan kegiatan PSP dalam waktu tiga hari sekali,” bebernya.

PMI Kabupaten Cianjur juga menurunkan 11 personal dalam penanganan korban bencana longsor di Desa Cibokor Kecamatan Cibeber.

“Jadi kita bagi tugas, lima orang untuk giat program PSP dan enam orang menjaga di posko,” ucapnya.

Ia berharap, sesegera mungkin ada keputusan bagi para pengungsi kapan bisa kembali ke tempat tinggalnya terutama yang katagori terancam.

“Diharapkan juga ke depan masyarakat lebih tangguh lagi dalam menghadapi bencana yang kemungkinan akan terjadi,” pungkasnya.(ct9/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button