Today

Pohon Pisang Aneh di Cianjur Tarik Perhatian Warga

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Pohon pisang seribu milik Mak Dumyah (63), warga Kampung Pasir Malaka RT 03/RW 01 Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur kini menjadi tontonan warga sekitar.

Pasalnya, selain termasuk tanaman langka, pohon milik Mak Dumyah tersebut memiliki tandan buah setinggi 3 meter.

Tak heran, jika setiap harinya, pohon itu kerap menjadi buruan warga sebagai objek swafoto, karena unik dan jarang terjadi.

Mak Dumyah menjelaskan, pohon pisang seribu miliknya itu ia tanam sekitar satu tahun yang lalu. Ia mendapatkan benih pisang dari anaknya yang menerima pemberian dari orang lain.

Setelah berbuah, ia tidak menyangka pohon pisang seribu itu tumbuh dan menarik perhatian banyak orang. Karena pohon itu memiliki ratusan sisir buah pisang dan panjang sekitar 3 meter, sejak keluar jantung hingga sekarang selama tiga bulan.

“Benih pisang seribu itu pemberian dari orang dan dibawa sama anak saya lalu saya tanam di kebun. Setelah berbuah, ternyata tumbuh ratusan sisir buah pisang yang sangat panjang,” ujar Mak Dumyah kepada Cianjur Today, Sabtu (22/1/2022).

Pohon Pisang Menarik Perhatian Warga

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Entin Sugiartini (50) menambahkan, ia sengaja datang untuk melihat pohon pisang seribu yang sedang viral.

“Ternyata benar, buah pisang seribu milik Mak Dumyah itu terbilang langka dan unik. Karena memiliki tandan pisang yang panjang dan berbeda dari yang lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, sejak kabar pohon yang unik itu menyebar, makin banyak warga yang datang ke kebun Mak Dumyah karena penasaran.

Tak jarang, warga pun kurang berhati-hati dengan tanaman lainnya yang ditanami Mak Dumyah.

“Warga juga saling mengingatkan agar memperhatikan tanaman lainnya, supaya tidak terinjak saat berfoto dengan pisang seribu itu,” paparnya.

Melansir wikipedia, pisang seribu masuk dalam kelompok AA (diploid) dengan nama latin Musa Acuminata.

Seperti kebanyakan pisang pada umumnya, pisang seribu memiliki kandungan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium yang baik dan bermanfaat bagi tubuh manusia.

Namun, karena ukurannya kecil, pisang seribu kurang komersial dan hanya menjadi tanaman hias saja.

Tanaman ini juga tumbuh di berbagai daerah di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara.(asi/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button