Today

Polres Cianjur Amankan Aksi Unjuk Rasa Pabrik di Sukaluyu

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Polres Cianjur mengamankan aksi unjuk rasa Forum Bela Warga 02 Desa Hegarmanah ke PT Hanyoung Nux Electronic Indonesia di Jalan Jangari RT03 RW02, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Kamis (05/12/2019). Massa aksi menuntut janji perusaahan dan meminta beberapa karyawan untuk dikeluarkan dari perusahaan tersebut.

Berdasarkan laporan Paur Subbag Humas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayuda, sebelum melakukan aksi, 150 massa yang didominasi oleh perempuan itu berkumpul di Sekretariat Forum Bela Warga 02 di Jalan Jangari, Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu. Mass aksi membawa alat peraga, pengeras suara, dan berbagai spanduk.

Massa aksi tersebut menuntut janji yang telah disepakati bersama dan telah ditandatangani oleh PT Hanyoung Nux Electronic Indonesia dengan Forum Bela Warga 02. Bahkan, telah disetujui, disaksikan serta ditandatangani oleh Kepala Desa Hegarmanah dan Muspika Kecamatan Sukaluyu terkait pengelolaan limbah pabrik.

Selain itu, massa aksi menuntut agar dikeluarkanya sejumlah karyawan PT. Hanyoung Nux Electronic Indonesia yaitu, HRD Perusahaan, Humas, dan karyawan atas nama Fikri. Bahkan, massa aksi ingin agar pimpinan pabrik tersebut, Sung Ki Ho dapat menemui massa.

Mediasi Dipimpin Wakapolres Cianjur

Unjuk rasa pun diakhiri dengan mediasi dari massa aksi bersama pihak perusahaan. Mediasi tersebut dipimpin oleh Wakapolres Cianjur, Kompol Jaka Mulyana.

Korlap massa aksi, Herman mengatakan, pihaknya hanya ingin Sung Ki Ho hadir. Ia mengatakan, jika Sung Ki Ho tidak hadir, maka tidak ada titik temu terhadap permasalahan yang ada.

“Kami hanya meminta Mr Sung hadir. Karena kalau tidak hadir maka tidak akan ada titik temunya. Apabila bemar mr. Sung akan hadir pada hari senin, maka kami meminta jaminannya,” tuturnya dalam mediasi.

Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana menuturkan, massa aksi unjuk rasa yang mempunyai keluhan dipersilakan untuk menyampaikannya kepada perusahaan. Selain itu, pihak perusahaan tidak boleh menutup mata terhadap keluhan warga.

“Apabila ada usulan dari masyarakat tentunya harus sesuai koridor disampaikan dengan kepala dingin, kemudian kepada perusahaan harus merespon. Kami TNI POLRI dan aparat dari Pemda dan lainnya, kami menjembatani antara perusahaan dan masyarakat. Kami akan mengawal dan mengamankan agar keduanya mendapatkan win-win solution,” kata dia.

Selain itu, HRD PT Hanyoung Nux Electronic Indonesia, Herlina mengatakan Sung Ki Ho baru akan hadir pada Senin, 9 Desember 2019 mendatang. Ia mengatakan permasalahan masyarakat sudah lama dan telah melakukan mediasi.

“Mudah-mudahan nanti dengan bapak menghadirkan Mr Sung semuanya bisa terpenuhi. Mungkin bapak sekalian sering ke perusahaan. Semua masalah kita biaa bicarakan baik-baik, dengan kepala dingin dengan kesaudaraan akan terasa lebih nyaman.” pungkasnya.(afs)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker