Today

Polres Cianjur – Forkopimda Gelar Rakor Operasi Lilin Lodaya 2021

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Polres Cianjur bersama Forkopimda Cianjur menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Lodaya 2021.

Hal ini dilakukan dalam rangka pembahasan pengamanan dan pontensi kerawanan pada saat Natal dan Tahun Baru 2022.

Rapat berlangsung di Le Eminence Puncak Hotel, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur (10/12/2021).

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, rakor ini menekankan agar pelaksanaan Natal dan malam Tahun Baru 2022 harus kondusif. Jangan sampai ada penyebaran Covid-19.

“Kuncinya kita solid di malam tahun baru ini Cianjur harus harus kondusif dan tidak boleh ada penyebaran ataupun lonjakan Covid-19,” ujarnya seusai rakor.

Menurutnya, dalam kesepakatan rakor tadi harus bekerja sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Baik itu Pemda, TNI/Polri, kesehatan, dan juga tim dari kebencanaan alam.

“Karena kondisi sekarang ini cuaca tidak menentu tentunya kebencanaan ini harus siap siaga. Alat-alat pun kami siagakan di tempat-tempat yang rawan bencana,” ucapnya.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Herman mengatakan, ada beberapa rekomendasi dan kesepakatan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Lodaya 2021 itu.

“Adanya potensi gangguan baik ancaman bencana alam, gangguan kamtibmas, dan penyebaran kasus Covid-19 itu perlu dilakukan langkah-langkah bagaimana kita bisa mengantisipasi dengan baik,” kata dia.

Ia menjelaskan, Polisi akan menempatkan personelnya di gereja agar pelaksanaan Natal bisa menerapkan protokol kesehatan.

“Tadi juga sudah saya sampaikan kepada pengurus gereja, nanti peribadahan di gereja langsung harus berkapasitas 50 persen dan harus memasang aplikasi barcode. Agar yang ibadah gereja itu sudah divaksin,” ucapnya.

Kemudian, pada malam Natal dan tahun baru ada juga upaya rekayasa lalu lintas. Misalnya ganjil genap dan sistem pengalihan arus saat kapasitas jalan di Puncak mengalami kepadatan.

“Hal tersebut memang sudah diprediksi akan ada juga kepadatan lalu lintas, sehingga kita lakukan koordinatif dengan Polres Bogor, Polres Kota Bogor, Polres Sukabumi, dan Polres Kota Sukabumi. Kita sudah sepakati itu,” tutupnya.(ren/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks