Today

Polres Cianjur Musnahkan Ribuan Narkoba dan Botol Miras

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Polres Cianjur berhasil memusnahkan ribuan narkoba dan botol miras berbagai merek di Mapolres Cianjur, Rabu (5/5/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan demi mencegah penyalahgunaan dan penyebaran narkoba jelang Lebaran 2021 mendatang.

Turut hadir Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman, Dandim 0608 Letkol Kav Ricky Arinuriyadi, Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadan, dan perwakilan dari MUI Cianjur.

Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman menyampaikan, ucapan terima kasih atas adanya kegiatan tersebut. Ia pun mengapresiasi pencegahan narkoba yang gencar dilakukan Sat Narkoba Polres Cianjur, selama Ramadan dan menjelang Lebaran.

“Barang haram ini, informasinya akan dipakai saat malam Lebaran nanti. Akan bagaimana masa depan anak-anak Cianjur, kalau ini tidak segera diamankan,” kata Herman kepada Cianjur Today, Rabu (5/5/2021).

MUSNAHKAN: Polres Cianjur berhasil memusnahkan ribuan obat-obatan terlarang dan miras berbagai merek di Mapolres Cianjur. (Foto: Afsal Muhamad/cianjurtoday.com)

Herman menilai, pencegahan narkoba ini akan menyelamatkan ribuan masyarakat Cianjur. Ia mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Sekarang makin canggih, makin gampang menangkap pelaku penyalahgunaan narkoba. Saya yakin Kasat Narkoba semakin sigap dalam melakukan pelacakan,” sebut Herman.

Selain itu, ia pun mengimbau kepada masyarakat Cianjur agar tidak berani menyentuh atau coba-coba terhadap narkoba.

“Jangan sekali-kali mengedarkan barang ini di Cianjur, apalagi memakainya. Bagi masyarakat Cianjur yang biasa mengonsumsi narkoba, berhentilah sebelum terlambat, karena dapat merusak jiwa dan raga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Cianjur, AKP Ali Jupri menjelaskan, ada 9.000 obat-obatan terlarang, 7.347 botol miras, dan 400 paket ganja siap edar yang turut dimusnahkan.

“Kami awalnya mendapatkan informasi bahwa di Cipanas ada satu orang pengedar ganja. Lalu kami melakukan penyelidikan dan menemukan tersangka dan mengamankan barang bukti 41 paket ganja siap antar dan tiga paket untuk malam Lebaran,” terangnya.

Tidak hanya itu, pihaknya pun berhasil mengamankan 1.900 tramadol yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Hal ini menjadi modus baru dalam pengedaran narkoba di Cianjur.

“Berdasarkan informasi dari jasa ekspedisi itu, ada paket yang akan diambil. Kemudian saat melihat tersangka yang akan mengambil paket tersebut, kami segera amankan,” jelasnya.

Barang haram tersebut, lanjutnya, ternyata akan dijual kepada masyarakat Cianjur dan akan digunakan saat malam Lebaran nanti.

“Ancaman hukumannya adalah 15 tahun penjara. Kami akan terus melakukan pengembangan untuk mencari pelaku lain, tim kami terus bergerak mengejar bandar ganja,” bebernya.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochammad Rifai sebelumnya sudah mendapat informasi bahwa di wilayah Puncak kerap terjadi pesta narkoba.

“Sudah kami antisipasi. Kami sudah mengungkap kasus narkoba yang akan digunakan saat Lebaran nanti,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat yang berkunjung ke Puncak, baik untuk berlibur dan lain sebagainya, menjadi sasaran empuk para pengedar narkoba. Pihaknya pun akan lebih fokus menangani hal tersebut.

“Ada dari warga Cianjur, ada juga warga luar kota. Itu setiap tahun terjadi, kami akan konsentrasi di wilayah Puncak,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button