Today

Posko MDMC Siap Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyiagakan posko di kampus Islam Kreatif di Jalan KH Abdullah Bin Nuh untuk membantu warga terdampak gempa Cianjur. Setidaknya, ada tiga kecamatan yang menjadi prioritas MDMC dalam memberikan bantuan, yaitu Kecamatan Cugenang, Warungkondang, dan Cilaku.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Ir Syuhada mengatakan, semua masyarakat Cianjur yang terdampak gempa bisa datang ke sini. Namun, pihaknya menerapkan pengaturan agar tidak menumpuk dan bantuan tersalurkan secara merata. 

“Mulai dari bantuan darurat, bantuan natura, bantuan medis, kita berikan. Bahkan nanti pada akhirnya kita akan memberikan bantuan yang sifatnya healing psikologis untuk mengurangi stres para korban yang terkena bencana,” kata dia kepada Cianjur Today, Rabu (23/11/2022).

Syuhada mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan bisa langsung datang ke posko MDMC dan menyampaikan kondisi yang sebenarnya. “Boleh datang langsung boleh melalui orang lain yaitu fungsi terkait,” jelas dia.

Dirinya menjelaskan, bencana merupakan sunatullah yang bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Sebagai muslim, lanjut dia, harus meyakini bahwa bencana ini merupakan ketentuan Allah.

“Walaupun ini ketentuan Allah tetapi upaya ilmiah untuk mencegah bencana harus tetap diupayakan,” ucap dia.

BACA JUGA: Evakuasi Korban Gempa Cianjur Jadi Prioritas, Jokowi Kembali Pantau ke Lokasi

Posko MDMC Siap Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur
Posko MDMC Siap Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)

Sementara itu, Kepala Divisi Tanggap Bencana MDMC Pusat Chairil Anam menjelaskan, langkah Muhammadiyah dalam membantu bencana gempa Cianjur diawali dengan kaji kebutuhan. Kaji kebutuhan ini dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan warga terdampak bencana.

“Di hari ketiga ini Muhammadiyah sudah melakukan assesment di tiga kecamatan, yaitu Cilaku, Warungkondang, sama Cugenang. Teman-teman sudah ada di sana melakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan,” jelas Chairil.

Chairil mengaku, hingga kini nomornya sudah banyak dicatat oleh warga Cianjur. Akan tetapi, lanjut dia, Muhammadiyah bergerak tidak seperti pemerintah. Sebab, Muhammadiyah berfungsi sebagai pendukung pemerintah dalam memberikan bantuan.

Warga Cianjur yang terdampak gempa, bisa menghubungi MDMC melalui nomor +62 812-2451-0678.

“Kalau kita ada (kebutuhan yang dibutuhkan) kita mampu ya kasih. Kalau tidak ya kita sarankan untuk menghubungi posko induk di Pendopo Cianjur,” ucap dia.

Meskipun demikian, ia berharap ada relawan yang mempercayakan kebutuhannya pada Muhammadiyah. Sehingga, MDMC bisa membantu dalam menyalurkan bantuan untuk memenuhi segala kebutuhan warga terdampak gempa Cianjur.

“Kalau ada kita akan support, kalau tidak kita akan prioritaskan di desa binaan di tiga kecamatan tersebut,” tutup dia.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks