Today

Potensi Laut Cianjur Melimpah, KKP Sasar Kampung Percontohan untuk Budidaya Udang

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Melihat kekayaan alam di Kabupaten Cianjur yang seakan tak ada habisnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai membuat kampung percontohan budidaya berbagai jenis ikan dan udang di daerah sekitar laut.

Direktur Produksi Budidaya dan Usaha Budidaya KKP, Arik Hari Wibowo mengatakan, Menteri KKP, Wahyu Sakti bersama pimpinan KKP lainnya tengah mendorong program pengembangan budidaya potensi laut.

“Mulai dari lobster sampai ikan kerapu dan lain-lain, kita juga ada program khusus antara lain membentuk kampung kerapu dan kampung lobster,” tuturnya kepada Cianjur Today, Sabtu (27/2/2021).

Arik mengungkapkan, di Kabupaten Canjur pihaknya mengembangka budidaya udang vaname tepatnya di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun dengan luas sekitar 4,5 hektare di KRPH Cipandak dan BKPH Sindangbarang.

“Ini kita harapkan bisa menyejahterakan masyarakat yang mengelola juga bisa menjadi percontohan bahwa budidaya udang itu menjadi alternatif meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Laut di Kabupaten Cianjur, lanjut Arik, memiliki banyak potensi. Ia mengatakan, sangat disayangkan jika potensi tersebut dibiarkan, sebab selain bisa jadi contoh, bisa menyejahterakan masyarakat.

“Bersama Pemkab juga kami terus saling mendukung dan bekerja sama, karena untuk membesarkan budidaya tidak bisa sendirian. Harus bersinergi melibatkan lembaga lain seperti PLN, pertanahan, dan kehutanan. Karena di Cianjur itu menggunakan tanah hutan sosial,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker