CIANJURTODAY.COM, Campaka – Curug Cikondang Cianjur dikenal dengan air terjun Niagara mini milik Indonesia memang selalu memanjakan mata. Objek wisata yang beralamat di Kampung Cikondang, Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka ini sudah dikenal hingga mancanegara.

Pengelola Curug Cikondang, Sundara Saputra mengatakan, saat ini kondisi curug sangat baik ditunjang dengan musim penghujan. “Jadi derasan airnya tinggi, jadi alhamdulillah bagus,” tuturnya kepada Cianjur Today, Minggu (09/02/2020).

Curug Cikondang | Foto: Istimewa

Curug yang berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Cianjur kini bisa diakses dengan mudah. Jalan yang diperbaiki membuat pengunjung meningkat.

“Karena jalannya sudah bagus jadi aksesnya pun cukup mudah. Walaupun belum signifikan karena akses jalannya baru diperbaiki dan dibuka sekitar satu bulan,” kata dia.

Hanya dengan Rp5000 per orang, pengunjung dapat menikmati air terjun setinggi 50 meter dengan lebar sekitar 30 meter tersebut. “Fasilitasnya juga sudah ada musala, WC umum, gazeboo-gazeboo, tempat parkir juga alhamdulillah sudah ada,” kata dia.

Curug Cikondang | Foto: Istimewa

Selain dikenal dengan Niagara mini, kelebihan dan keistimewaan curug Cikondang ini diantaranya airnya bisa dirasakan langsung oleh pengunjung.

“Pengunjung bisa berenang langsung, bahkan akses dari tempat parkir ke lokasi pun cukup dekat,” tutur Sundara.

Bahkan, curug ini sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sundara mengatakan, setiap bulan ada pengunjung dari luar negeri. “Dari Inggris, Amerika Serikat, dari negara Eropa lain juga pernah. Tapi kebanyakan dari Timur Tengah ah. Terakhir ada dari Malaysia bawa rombongan 50 orang,” ungkapnya.

Curug Cikondang | Foto: Istimewa

Bagi warga Cianjur yang ingin berlibur atau sekadar menikmati sejuknya Curug Cikondang. Pengunjung bisa datang setiap hari dengan jam buka dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. “Kecuali yang kemping, bisa nginap.” pungkasnya.(afs/rez)