Pilkada Cianjur 2020Today

PPK Cipanas Gelar Bimtek Untuk PPDP di Setiap Desa

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Cipanas lakukan pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Setiap desa di Kecamatan Cipanas, Senin (13/07/2020). Kegiatan tersebut dilakikan agar anggota PPDP mengerti bagaimana mereka bekerja dan apa yang harus mereka lakukan.

“Bimtek kami laksanakan terhadap 230  PPDP yang mewakili setiap TPS yang berada di setiap desa di kecamatan Cipanas mulai tanggal,” terang Ketua PPK Kecamatan Cipanas Dodi Rahmat.

Ia menambahkan, bimtek tersebut merupakan pembekalan kepada PPDP agar mengerti secara detil apa yang harus dilakukan dalam rangka pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dalam kunjungan mereka ke rumah-rumah masyarakat.

“Mulai tanggal 15 Juli mereka akan mulai di lapangan. Sehingga bimtek ini sangat penting untuk pembekalan kepada mereka dalam rangka coklit pemutakhiran data pemilih sementara,” ujarnya

Nantinya, PPDP harus melakukan pemutahiran data. Kemudian apa saja yang dibawa pada saat pemutahiran data atau formulir-formulir terkait dengan pemilihan umum. Dan, tata cara pemungutan serta pendataan apa saja yang dibolehkan dan tidak dibolehkan.

“Hanya saja untuk pendataan saat ini ada beberapa hal yang memang baru pertama kali pemilih diwajibkan menggunakan alat pelindung diri masker dan sarung tangan dan dianjurkan menjaga jarak,” kata Dodi.

Desa dengan petugas yang paling banyak adalah Desa Cimacan yakni sebanyak 43 petugas. Kemudian Desa Ciloto yang paling sedikit yaitu hanya 20 petugas. “Pemutakhiran data pemilih ini mulai bekerja dari tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.” tutupnya.(ct6/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button